A POLA PERESEPAN OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN BPJS KESEHATAN DIAPOTEK KIMIA FARMA AHMADYANI

  • Faisal Yusuf Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Arjuna
  • Hepni Hepni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Arjuna Laguboti
  • Ully Widya Rochmatil Ulla Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Arjuna Laguboti
Keywords: Hipertensi, Pola Peresepan, Penggunaan Obat, Karakteristik Pasien

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan “silent killer” ( pembunuh diam-diam) yang secara luas dikenal sebagai penyakit kardiovaskular yang sangat umum. Dengan meningkatnya tekanan darah dan gaya hidup yang tidak seimbang dapat meningkatkan faktor resiko munculnya berbagai penyakit seperti jantung, gagal ginjal dan stroke. Sampai saat ini, hipertensi masih merupakan tantangan besar di Indonesia.

Metode: Design penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan waktu retrospektif, dengan sampel resep sebanyak 240 resep, dengan tehnik pengambilan sampel simple random sampling.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa antihipertensi yang paling banyak digunakan adalah golongan antagonis kalsium yakni 128 kasus (52,67%), kombinasi antihipertensi yang paling sering diberikan adalah kombinasi ARB dan antagonis kalsium yaitu sebanyak 71 kasus (53,79%). Penderita hipertensi terbanyak berdasarkan usia yaitu usia 66 tahun keatas yaitu 97 kasus ( 39,92%), dan Penderita hipertensi yang berjenis kelamin perempuan lebih dominan terkena hipertensi yakni 138 kasus(56.79%).

Kesimpulan: Persentase perbandingan jumlah peresepan obat antihipertensi terapi kombinasi dan terapi tunggal pada pasien BPJS di Apotek Kimia Farma Ahmadyani Pematang Siantar. Jumlah penggunaan obat tunggal yakni 110 kasus (45,27%) dan 133 kasus (54,73%) yang menggunakan obat kombinasi.

Published
2022-12-29
How to Cite
1.
Yusuf F, Hepni H, Rochmatil Ulla U. A POLA PERESEPAN OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN BPJS KESEHATAN DIAPOTEK KIMIA FARMA AHMADYANI. JPharm [Internet]. 29Dec.2022 [cited 9Feb.2023];4(2):80 -87. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/Jkpharm/article/view/1451