KESESUAIAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP BPJS RAWAT JALAN DI RS X JAKARTA
Abstract
Latar Belakang: Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129 tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit bahwa untuk resep racikan adalah ≤ 60, dan untuk resep non racikan adalah ≤ 30. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian waktu tunggu pelayanan resep racikan dan non racikan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RS X Jakarta.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode observasional terhadap resep racikan dan non racikan pasien rawat jalan yang masuk di Instalasi Farmasi RS X Jakarta bulan Februari 2024. Data yang diperoleh berupa waktu tunggu pelayanan resep yang kemudian di analisis menggunakan MS Excel .
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu tunggu pelayanan resep di Instalasi Farmasi RS X Jakarta Resep racikan adalah 42 menit, sedangkan Resep non racikan adalah 28 menit
Kesimpulan: hasil penelitian terhadap waktu tunggu pelayanan resep BPJS rawat jalan di Instalasi Farmasi RS X Jakarta bulan Februari 2024 untuk Resep obat jadi (Non Racikan ) adalah 95,53% yang sesuai dan untuk Resep Racikan dengan persentase 92,63% yang sesuai.
References
2. Lailiyah, N. dan Subekti, H., 2017. Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), hal. 102-112. Tersedia di: [Diakses 12 Juni 2024].
3. Made, K.M. dan Vitalia, F.C., 2022. Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit: Sistematik Review. Jurnal Kesehatan, 13(2), hal. 408. Tersedia di: [Diakses 12 Juni 2024].
4. Maulana, A., Akhada, dr. Sp.U., 2023. Buku Rumah Sakit Sebagai Learning Organization: Dinamika dan Aplikasi. Yogyakarta: Stiletto Book, hal. 47-49.
5. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2008. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hal. 4.
6. Mu'ah, M., 2014. Buku Kualitas Layanan Rumah Sakit. Sidoarjo: Zifatama, hal. 3.
7. Mu.'ah, M., 2014. Buku Loyalitas Pelanggan: Tinjauan Aspek Pelayanan dan Biaya Peralihan. Sidoarjo: Zifatama, hal. 5.
8. Tamri, S., 2018. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Dik Pusdikkes Kodiklat TNI AD Kramat Jati Jakarta Timur. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(1), hal. 103-114. Tersedia di: [Diakses 12 Juni 2024].
Copyright (c) 2024 Jurnal Kesehatan Farmasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work