Pengetahuan Ibu dan Dukungan Keluarga dengan Keberagaman Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) pada Balita Usia 6-24 Bulan
Abstract
Latar Belakang: Usia 0-24 bulan merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat yang sering diistilahkan sebagai periode emas. Tingginya gizi kurang sangat terkait dengan praktek pemberian makanan. Pengetahuan akan menentukan perilaku seseorang. Seorang ibu yang memiliki pengetahuan tinggi akan berpikir dalam bertindak. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan pengetahuan ibu dan dukungan keluarga dengan keberagam MP-ASI balita di desa Lamjruen dan Alue Rindang. Metode: Penelitian ini bersifat Deskriptif Analitik, dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional dengan sampel 32 balita. Pengambilan sampel secara total Sampling yang dilakukan pada 6-12 juli 2018. Pengolahan data menggunakan uji Chi Square. Hasil: balita beragam MP-ASI sebesar 54,9%, ibu-ibu berpengetahuan baik sebesar 81,3%, dukungan keluarga yang baik 53,1% keluarga mendukung pemberian ASI eksklusif dan 25,8% ibu-ibu bersikap positif terhadap ASI eksklusif. Hasil uji statistik pengetahuan ibu menunjukkan p=0,666 (p>0,05), dukungan keluarga p = 0,721 (p>0,05). Kesimpulan: tidak ada hubungan antara pengetahuan ibu dan dukungan keluarga dengan keberagaman MP-ASI balita usia 6-23 bulan. Saran: Disarankan bagi tenaga kesehatan untuk memberikan penyuluhan tentang keberagaman MP-ASI balita.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work