HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN PRILAKU KELUARGA DENGAN KEJADIAN TB PARU DI RSUD KAYUAGUNGTAHUN 2018

HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN PRILAKU KELUARGA DENGAN KEJADIAN TB PARU DI RSUD KAYUAGUNGTAHUN 2018

  • Saidina Ali
  • Karneli Karneli Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Herry Hermansyah
Keywords: Kata kunci : TB Paru,Lingkungan keluarga, Prilaku keluarga

Abstract

Latar Belakang: Penyakit tuberkulosis paru merupakan penyakit infeksi yang penyebarannya sangat mudah sekali yaitu: melalui batuk,bersin dan berbicara,Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dan prilaku keluarga dengan kejadian Di RSUD Kayu Agung Pada Tahun 2018.

Metode penelitian bersifat Deskriptif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan di RSUD Kayu Agung. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang berobat di instalasi rawat jalan penyakit Di RSUD Kayu Agung.

Hasil penelitian dari semua populasi didaptkan 10 responden dengan persentase (33.3%)  jumlah  ini  lebih kecil dibanding responden  yang  tidak terdiagnosa  TB Paru dengan persentase (66.7%). Berdasarkan Lingkungan Keluarga yang tidak sehat sebanyak 10 responden dengan persentase (33.3%)  jumlah ini lebih kecil dibanding responden Lingkungan Keluarga yang  sehat  dengan persentase  (66.7%). berdasarkan Prilaku Keluarga buruk didapatkan persentase  (36.7%), jumlah ini lebih kecil dibanding responden Prilaku Keluarga baik  dengan persentase (63.3%). Berdasarkan uji chi square pada α=0.05 diperolehp value=0.005< α=0.05 maka menunjukan ada hubungan yang bermakna antara lingkungan keluarga dengan kejadian TB Paru.

Kesimpulan secara  hipotesis menyatakan ada hubungan antara prilaku keluarga dengan kejadian TB Paru dan menyatakan ada hubungan antara lingkungan keluarga dengan kejadian TB Paru..

Kata kunci : TB Paru,Lingkungan keluarga, Prilaku keluarga

Published
2021-04-30
How to Cite
1.
Ali S, Karneli K, Hermansyah H. HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN PRILAKU KELUARGA DENGAN KEJADIAN TB PARU DI RSUD KAYUAGUNGTAHUN 2018. medlabscience [Internet]. 30Apr.2021 [cited 27Jul.2024];1(1):30-5. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/jmls/article/view/613