Penanganan Dismenorea dalam Kesehatan Reproduksi pada Remaja Putri di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan di Kota Palembang

  • Sonlimar Mangunsong
  • Sarmalina Simamora Poltekkes Palembang
Keywords: Dismenore, Remaja Putri, Pengetahuan, Nyeri

Abstract

Remaja putri sebagai bagian dari masyarakat dapat juga mengalami masalah kesehatan. Gangguan kesehatan yang banyak dialami oleh remaja putri pada usia produktif adalah dismenore primer. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pembina adalah salah satu sekolah yang bermitra dengan Poltekkes Palembang. Tujuan Kegiatan adalah memberikan pengetahuan dalam mengatasi gangguan dismenore pada remaja putri sacara prakits melalui tindakan non farmakologis maupun farmakologis.

Metode yang dilakukan adalah ceramah dan diskusi terhadap gangguan dismenore. Jumlah responden 24 orang remaja putri. Pada awalnya diberikan pertanyaan terkait pengetahuan remaja dalam mengatasi dismenore pada dirinya. Selanjutnya mereka diberi materi tentang dsimenore, penyebabnya, tindakan untuk mengurangi gejalanya maupun penanggulangan yang dapat dilakukan saat serangan datang. Pada akhir kegiatan dilakukan post test dan diskusi.

Dari hasil kegiatan ini ditemukan bahwa sakit dismenore yang dilalami siswa selalu datang berulang, dapat mengganggu proses pendidikan dan dapat berdampak pada capaian hasil atau prestasi siswa. Kondisi inilah yang dialami oleh sebagian remaja putri di SMK Pembina Palembang. Meskipun mereka mempelajari tentang kefarmasian, namun untuk tingkat sekolah menengah tentu masih sangat terbatas. Solusi permasalahan yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan memberikan edukasi yang benar untuk mengatasi dismenore telah tepat.

Hasil dari kegiatan ini adalah remaja putri mengalami perubahan dalam hal pengetahuan dari rendah sampai sedang menjadi tinggi, Parasiswa juga memiliki kemampuan untuk mengatasi serangan nyeri akibat dismenore primer yang mereka alami.

Published
2023-06-30
How to Cite
Mangunsong, S., & Simamora, S. (2023). Penanganan Dismenorea dalam Kesehatan Reproduksi pada Remaja Putri di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan di Kota Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (ABDIKEMAS), 5(1), 70-77. https://doi.org/10.36086/j.abdikemas.v5i1.1727