Kondisi Sanitasi Rumah dengan Kejadian Infeksi Pernafasan Atas Pada Balita Di Kota Palembang

  • Hanna Derita L Damanik
Keywords: Sanitasi Rumah, Penyakit Infeksi, Balita

Abstract

Latar Belakang : Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA ) merupakan  penyebab utama morbiditas dan mortalitas penyakit menular di dunia. Hampir empat juta orang meninggal akibat ISPA setiap tahun. Kejadian penyakit maupun gangguan kesehatan pada manusia, tidak terlepas dari peran faktor lingkungan. Hubungan interaktif antara manusia serta perilakunya dengan komponen lingkungan yang memiliki potensi bahaya penyakit, juga dikenal sebagai proses kejadian penyakit.. Di wilayah Kecamatan Gandus pada tahun 2016 kejadian ISPA masih menjadi bagian dari 10 besar penyakit .penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sanitasi rumah dengan kejadian ISPA pada balita.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah balita sebanyak 42 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi lingkungan.

Hasil penelitian : Hasil analisis data  menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara sanitasi rumah dengan riwayat penyakit infeksi pada balita (p = 0.047)

Kesimpulan : Sanitasi rumah memiliki hubungan yang signifikan dengan kejaadian ISPA pada balita di Kel, Karang Anyar Kota Palembang. Diharapkan para ibu yang memiliki balita tetap menjaga kualitas lingkungan rumah dan adanya kerja sama pemerintah dengan masyarakat dalam menggalakkan program pemberantasan penyakit menular berbasis lingkungan.

Kata Kunci : Sanitasi, Penyakit Infeksi, balita

Published
2021-05-30
How to Cite
1.
Damanik H. Kondisi Sanitasi Rumah dengan Kejadian Infeksi Pernafasan Atas Pada Balita Di Kota Palembang. JSL [Internet]. 30May2021 [cited 18Oct.2024];1(1):35-0. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/SJKL/article/view/1124