Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Latar Belakang: Cuci tangan pakai sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari-jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Hal ini dilakukan karena tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung maupun dengan kontak tidak langsung. Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran pengetahuan, sikap dan tindakan cuci tangan pakai sabun pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 7 Kota Prabumulih Tahun2020. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah deskriptif yaitu menggambarkan pengetahuan,sikap dan tindakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan April - Juli 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di SD N 7 Kota Prabumulih Tahun 2020 yang berjumlah siswa 253 orang dan sampel 72 orang. Hasil Penelitian: Didapatkan hasil dari 72 responden yang mempunyai pengetahuan baik terhadap cuci tangan pakai sabun yaitu sebanyak 56 responden (77,8%), lebih tinggi persentasenya dibandingkan dengan responden yang mempunyai pengetahuan kurang baik yaitu sebanyak 16 responden ( 22,2%).Hasil dari 72 responden sebanyak 57 responden ( 79,1 %) dengan sikap positif dan sebanyak 15 responden ( 20,9 %) dengan sikap negatif terhadap cuci tangan pakai sabun.Hasil dari 72 responden sebanyak 53 responden (73,6%) dengan tindakan baik dan sebanyak 19 responden (26,4 %) dengan tindakan buruk terhadap cuci tangan pakai sabun. Kesimpulan: Sebagian besar responden mempunyai Pengetahuan, sikap dan Tindakan yang baik dalam mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, sedangkan Sebagian kecil memiliki pengetahuan, sikap dan Tindakan kurang baik.
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Cuci Tangan Pakai Sabun
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work