Analisis Pencemaran Logam Berat Timbal (Pb) pada Air Sumur Gali Masyarakat di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sukawinatan

  • Nora Nora Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Palembang
  • Maksuk Maksuk Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Palembang
  • Maliha Amin Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: Timbal, sumur gali, Termpat Pembuangan akhir sampah, Dosis Potensial (Intake), Tingkat Risiko.

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang : Tempat pembuangan akhir sampah merupakan tempat akhir untuk menimbun berbagai jenis sampah. Salah satu jenis sampah tersebut berupa logam berat diantaranya timbal. Timbal merupakan salah satu logam berat yang sangat beracun bagi manusia terutama anak- anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kandungan logam berat timbal dalam sumur gali masyarakat  yang  bertempat  tinggal  di  sekitar  Tempat  Pembuangan  Akhir  Sampah  Kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencemaran logam berat timbal (Pb) pada air sumur gali penduduk disekitar TPA Sukawinatan Kota Palembang.  Metode Penelitian : Penelitian ini bersifat deskriftif dengan desai cross sectional. Contoh uji diambil jarak dengan kriteria jarak 100 meter, 200 meter, 300 meter, 400 meter dan 500 meter dari TPA, jumlah contoh uji sumur 15 sumur gali, pengujian kandungan timbal dilakukan di laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan. Pengukuran pH dan suhu dilakukan secara in situ, sedangkan untuk  kondisi  kontruksi sumur  gali  dan  kualitas  fisik  air  sumur  gali  menggunakan  lembar observasi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kontruksi sumur gali yang tidak  memenuhi syarat  kesehatan, tetapi kualitas fisik air sumur gali (warna, bau dan rasa) memenuhi syarat kesehatan, kandungan timbal dalam sumur gali masyarakat yaitu 0,02 dan 0,03 mg/L, dari 15 sumur gali tidak ada yang melebihi nilai baku mutu lingkungan yaitu 0,01 ppm, sedangkan pH air gali berkisar antara 4,9 dan 6,4. Namun jika kadar timbal dalam air sumur gali dibandingkan dengan persyaratan air minum maka semuanya tidak memenuhi syarat untuk air minum. Kesimpulan : Kandungan timbal dalam air sumur gali masyarakat  yang  bertempat tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Kota Palembang ditemukan masih berada di bawah baku mutu persyartan air bersih. Oleh karena itu partisipasi masyarakat dan peran pemerintah setempat dapat diperlukan untuk melakukan pengolahan air sumur dan memperbaiki kontruksi sumur gali masyarakat yang berada di sekitar pembuangan akhir sampah.

References

Sungai, Sedimen, Air Sumur Dan Urin Pada Komunitas di Daerah Aliran Sungai Musi Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2009. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang) 1, 117–125 (2012).

Louvar, J. F. & Louvar, B. D. Health and Environmental Risk Analysis. vol. 2 (Prentice Hall, 1998).

Handriyani, K. A. T. S., Habibah, N. & Dhyanaputri, I. G. A. S. Analisis Kadar Timbal (Pb) Pada Air Sumur Gali Di Kawasan Tempat Pembuangan Akhir Sampah Banjar Suwung Batan Kendal Denpasar Selatan. JST (Jurnal Sains dan Teknologi) 9, 68–75 (2020).

Ashar, T. Analisis Risiko Asupan Oral Pajanan Mangan dalam Air terhadap Kesehatan Masyarakat. Kesmas: National Public Health Journal 2, 106 (2007).

Hasibuan P. Analisis Kandungan Logam Berat Timbal (Pb), Besi (Fe) dan pH Pada Air Sumur Gali Di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Desa Marelan Pulau Nibung Kota Medan . (2016).

Suyani, H. & Alif, A. Analisis sebaran logam berat pada aliran air dari tempat pembuangan akhir (TPA) sampah air dingin. Jurnal Riset Kimia 8, 101 (2015).

Khoiroh, S. A., Firdasut, M. & Budiono, Z. Hubungan Jarak Dan Permeabilitas Tanah Terhadap Kadar Timbal (Pb) Dan Kadmium (Cd) Air Sumur Warga Di Sekitar Tpa Kaliori Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Buletin Keslingmas 39, 23–30 (2020).

Suyani, H. & Alif, A. Analisis sebaran logam berat pada aliran air dari tempat pembuangan akhir (TPA) sampah air dingin. Jurnal Riset Kimia 8, 101 (2015).

Published
2022-11-28
How to Cite
1.
Nora N, Maksuk M, Amin M. Analisis Pencemaran Logam Berat Timbal (Pb) pada Air Sumur Gali Masyarakat di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sukawinatan. JSL [Internet]. 28Nov.2022 [cited 27Jan.2023];2(2):79-4. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/SJKL/article/view/877