Gambaran Penyuluhan Gizi Menggunakan Media Video Animasi Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap, Asupan Energi, Dan Asupan Zat Gizi Makro Pada Remaja Gizi Kurang di SMP Negeri 27 Palembang
Abstract
Latar Belakang : Gizi kurang merupakan suatu masalah gizi dimana kebutuhan nutrisi dalam tubuh tidak dapat terpenuhi. Klasifikasi gizi kurang berdasarkan Indeks Massa Tubuh menurut Umur (IMT/U) usia 5-18 tahun jika berada pada Z-Score antara -3 standar deviasi sampai dengan <-2 standar deviasi. Tujuan : Diketahui gambaran penyuluhan gizi menggunakan media video animasi terhadap perubahan pengetahuan, sikap, asupan energi, dan asupan zat gizi makro pada remaja gizi kurang di SMP Negeri 27 Palembang. Metode : Desan penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen, dengan one group pre test-post test. Jumlah sampel 36 dengan teknik pengambilan sampel systematik random sampling. Hasil : Dari hasil analisis data, menunjukkan bahwa pengetahuan sebelum perlakuan 53,67 setelah perlakuan yaitu 78,44. Sikap sebelum perlakuan 80,85 setelah perlakuan 87,62. Asupan energi sebelum perlakuan 1943,22 kkal setelah perlakuan 2153,54 kkal. Asupan protein sebelum perlakuan 52,88 gram setelah perlakuan 66,81 gram. Asupan lemak sebelum perlakuan 60,60 gram setelah perlakuan 73,50 gram. Asupan karbohidrat sebelum perlakuan 227,64 gram setelah perlakuan 309,40 gram. Kesimpulan : Terjadi peningkatan rata-rata pengetahuan, sikap, asupan energi, dan asupan zat gizi makro pada remaja gizi kurang di SMP Negeri 27 Palembang.
Copyright (c) 2024 JGK: Jurnal Gizi dan Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work