Alternatif Perawatan Hairy Tongue (Laporan Kasus)

  • DICKY SURYA NUGRAHA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
  • Nendika Dyah Ayu Murika Sari
Keywords: Filiform papillae, hairy tongue, tongue scraper

Abstract

Abstrak

Latar belakang. Hairy tongue merupakan kelainan pada dorsal lidah yang mengalami pertumbuhan papilla filiformis berlebih.  Tampilan klinisnya seperti rambut karena akumulasi keratin pada papilla filiformis dorsal lidah yang memiliki warna bervariasi dari putih kekuningan hingga coklat kehitaman. Etiologi hairy tongue belum diketahui secara pasti namun ada faktor predisposisi yang berperan antara lain, oral hygiene yang buruk, edentulous gigi anterior, kebiasaan merokok serta sering mengonsumsi kopi atau teh. Laporan kasus ini menjelaskan mengenai alternatif perawatan hairy tongue dengan menggunakan tongue scraper (pembersih lidah).

Laporan kasus. Laki-laki berusia 38 tahun datang ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut Soelastri UMS mengeluhkan lidah terasa tebal dan mengganjal dirasakan sejak 10 tahun yang lalu. Pemeriksaan objektif, menunjukkan adanya pemanjangan papilla pada dorsum lidah, berwarna coklat, dapat dikerok, berbentuk ireguler, berkuran 6x9cm asimptomatik. Diagnosis dari kasus tersebut adalah hairy tongue. Perawatan untuk kasus ini adalah penggunaan tongue scraper dan obat kumur chlorhexidine gluconate 0,2%.

Simpulan. Perawatan laporan kasus ini dinyatakan berhasil, dimana pasien tidak mengeluhkan rasa mengganjal pada lidahnya dan pasien merasa nyaman pasca perawatan.

Kata Kunci : Hairy tongue, papilla filiformis, pembersih lidah

Published
2023-01-09
How to Cite
NUGRAHA, D. and Murika Sari, N. (2023) “Alternatif Perawatan Hairy Tongue (Laporan Kasus)”, Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 4(2), pp. 82-87. doi: 10.36086/jkgm.v4i2.1380.