PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI PADA KADER POSYANDU DI KECAMATAN SAKO KOTA PALEMBANG

  • Mujiyati Mujiyati Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Palembang
Keywords: Kata kunci : Posyandu, Penyuluhaan, Pengetahuan, Kader Posyandu

Abstract

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu bentuk upaya yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak balita. Kegiatan Posyandu merupakan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia sejak dini melalui layanan sosial dasar masyarakat untuk menunjang pembangunan. Kader merupakan faktor terbesar dan terpenting dari operasional Posyandu. Tujuan penelitian ini adalah diketahui pengetahuan tentang karies gigi pada kader Posyandu di Kecamatan Sako Kota Palembang melalui penyuluhan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental semu (quasi-experiment). Penelitian quasi-experiment merupakan salah satu bentuk penelitian eksperimen yang memanipulasi variable independen, pemilihan subjek penelitian ini dilakukan secara stratified random sampling. Sampel yang digunakan adalah Kader Posyandu di wilayah kerja Kecamatan Sako Palembang. Berdasarkan hasil uji paired t-test menggunakan program SPSS di peroleh P–value = 0,000, < 0,05 terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan kader posyandu sebelum dan sesudah penyuluhan dengan metode ceramah. Kesimpulan yang didapat perubahan nilai rata-rata pengetahuan setelah dilakukan 3 kali pertemuan mengenai karies gigi sebelum dan sesudah penyuluhan.

Kata kunci : Posyandu, Penyuluhaan, Pengetahuan, Kader Posyandu

References

Adisasmito, W. 2010. Sistem Kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Depkes RI. 2011. Buku Panduan Kader Posyandu Menuju Keluarga Sadar Gizi. .Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
Hidayat, W., Nura’eny, N., dan Wahyuni, I.S. 2019. Gambaran Pre Dan Post Test Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kader Posyandu Di Puskesmas Babatan Bandung. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 8(4): 225-226.
Husniyawati, Y. R. dan Wulandari, R. D. 2016. Analisis Motivasi Terhadap Kinerja Kader Posyandu Berdasarkan Teori Victor Vroom. J. Administrasi Kesehatan Indonesia. 4(2): 126.
Kemenkes RI. 2012. Kurikulum dan Modul Pelatihan Kader Posyandu. Jakarta: Kemenkes RI.
Kemenkes RI. 2012. Pedoman Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS). Jakarta: Kemenkes RI.
Kemenkes RI. 2018. Laporan Tahunan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Kemenkes RI
Notoatmodjo, S. 2015. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Wulansih, R. 2021. Hubungan Umur, Pendidikan, dan Pekerjaan dengan Tingkat Pengetahuan Kader Nasyiatul Aisyiyah tentang Stunting di Kabupaten Boyolali. Skripsi. FIK-UMS: Surakarta.
Published
2023-07-06
How to Cite
Mujiyati, M. (2023) “PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI PADA KADER POSYANDU DI KECAMATAN SAKO KOTA PALEMBANG”, Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 5(1), pp. 46-51. doi: 10.36086/jkgm.v5i1.1539.