PERBANDINGAN EFEKTIFITAS ANTARA MEDIA BUSY BOOK DAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG MAKANAN KARIOGENIK PADA ANAK TK ANGGREK PALEMBANG
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang : Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi. Makanan keriogenik merupakan salah satu penyebab pembentukan plak sehingga dapat memicu terjadinya karies gigi. Busy book adalah buku kain dengan halaman kegiatan yang dibuat dalam bentuk buku. Scrapbook adalah seni menempel pada suatu media (biasanya kertas). Tujuan : Diketahuinya perbandingan penyuluhan tingkat pengetahuan anak tentang makanan kariogenik dengan menggunakan media busy book dan scrapbook di TK Anggrek Palembang. Metode : yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest group desain. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 orang yang masing-masing kelompok berjumlah 20 orang. Tiap kelompok diberikan lembar pretest dan posttest untuk didapatkan hasil rata-rata pengetahuan setelah dan sebelum dilakukan penyuluhan. Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa selisih rata-rata pengetahuan anak kelompok 1 yang diberi penyuluhan dengan busy book adalah 6.3 dan kelompok 2 adalah 4.9. Dari rata-rata tersebut ada perbedaan rata-rata skor pengetahuan sebelum dan sesudah diberi penyuluhan dengan busybook dan scrapbook. Hal ini dibuktikan dengan nilai p Value <0,050 yaitu 0,031 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan : Terdapat perbedaan dilihat dari selisih rata-rata skor pengetahuan makanan kariogenik sebelum dan sesudah penyuluhan dengan menggunakan media busy book dan media scrapbook. Penggunaan media busy book dalam meningkatkan pengetahuan anak lebih meningkat daripada menggunakan media scrapbook.
Kata Kunci : Penyuluhan, Media, Pengetahuan, Busy book, Scrapbook
Copyright (c) 2023 Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work