PERBANDINGAN EFEKTIFITAS ANTARA MEDIA BUSY BOOK DAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG MAKANAN KARIOGENIK PADA ANAK TK ANGGREK PALEMBANG

  • Putri Andreastiti Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Yufen Widodo Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: Kata Kunci : Penyuluhan, Media, Pengetahuan, Busy book, Scrapbook

Abstract

 

ABSTRAK

Latar belakang : Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi. Makanan keriogenik merupakan salah satu penyebab pembentukan plak sehingga dapat memicu terjadinya karies gigi. Busy book adalah buku kain dengan halaman kegiatan yang dibuat dalam bentuk buku. Scrapbook adalah seni menempel pada suatu media (biasanya kertas). Tujuan : Diketahuinya perbandingan penyuluhan tingkat pengetahuan anak tentang makanan kariogenik dengan menggunakan media busy book dan scrapbook di TK Anggrek Palembang. Metode : yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest group desain. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 orang yang masing-masing kelompok berjumlah 20 orang. Tiap kelompok diberikan lembar pretest dan posttest untuk didapatkan hasil rata-rata pengetahuan setelah dan sebelum dilakukan penyuluhan. Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa selisih rata-rata pengetahuan anak kelompok 1 yang diberi penyuluhan dengan busy book adalah 6.3 dan kelompok 2 adalah 4.9. Dari rata-rata tersebut ada perbedaan rata-rata skor pengetahuan sebelum dan sesudah diberi penyuluhan dengan busybook dan scrapbook. Hal ini dibuktikan dengan nilai p Value <0,050 yaitu 0,031 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan : Terdapat perbedaan dilihat dari selisih rata-rata skor pengetahuan makanan kariogenik sebelum dan sesudah penyuluhan dengan menggunakan media busy book dan media scrapbook. Penggunaan media busy book dalam meningkatkan pengetahuan anak lebih meningkat daripada menggunakan media scrapbook.

Kata Kunci : Penyuluhan, Media, Pengetahuan, Busy book, Scrapbook

Published
2023-07-06
How to Cite
Andreastiti, P. and Widodo, Y. (2023) “PERBANDINGAN EFEKTIFITAS ANTARA MEDIA BUSY BOOK DAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG MAKANAN KARIOGENIK PADA ANAK TK ANGGREK PALEMBANG”, Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 5(1), pp. 52-58. doi: 10.36086/jkgm.v5i1.1632.