KONDISI PSIKOLOGIS PASIEN ORTODONTI YANG DIRAWAT DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN AKIBAT PANDEMI COVID-19

  • Qotrunnada Zalfa Salsabila Universitas Padjadjaran
Keywords: Kondisi psikologis, persepsi pasien, perawatan ortodonti, pandemi COVID-19

Abstract

Latar Belakang Maloklusi yang prevalensinya di Indonesia masih terbilang tinggi dapat dirawat menggunakan peranti ortodonti lepasan, khususnya untuk kasus yang ringan. Munculnya pandemi COVID-19 di akhir tahun 2019 menyebabkan layanan kesehatan gigi di berbagai negara, termasuk di rumah sakit pendidikan ditutup sementara, kecuali untuk perawatan darurat. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menilai kondisi psikologis dan persepsi pasien ortodonti yang dirawat menggunakan peranti lepasan di rumah sakit pendidikan terhadap perawatan yang kunjungan rutinnya dihentikan sementara akibat pandemi COVID-19.

Metode: Penelitian dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dan pendekatan cross sectional pada 60 pasien ortodonti yang dirawat menggunakan peranti lepasan di RSGM Universitas Padjadjaran  Bandung oleh mahasiswa profesi kedokteran gigi, berdasarkan purposive sampling. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2021menggunakan kuesioner dari artikel yang dipublikasikan oleh Shenoi, S. B., Deshpande, S., & Jatti, R, terdiri dari 15 pertanyaan yang telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan telah diuji reliabilitas dan validitasnya dan dibagikan dalam bentuk google forms.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan pasien yang sedang menjalani perawatan ortodonti menggunakan peranti lepasan merasa khawatir karena kunjungan ke klinik ortodonti menjadi terbatas. Kondisi psikologis sebagian besar pasien merasa takut untuk mengunjungi klinik ortodonti karena adanya pandemi COVID-19. Ketakutan ini  menimbulkan kekhawatiran bahwa durasi perawatan akan menjadi semakin lama akibat perawatan yang tertunda, dan hal ini membuat pasien menjadi sadar akan pentingnya pemeriksaan ortodonti yang rutin.

Kesimpulan: Sebagian besar pasien ortodonti yang dirawat dengan peranti lepasan di RSGM Unpad memiliki beberapa masalah yang disebabkan oleh tertundanya perawatan akibat pandemi COVID-19 yang menyebabkan pasien merasa takut untuk mengunjungi praktisi ortodonti dan tidak akan pergi sebelum pandemi sepenuhnya berakhir.

Published
2024-06-04
How to Cite
Salsabila, Q. (2024) “KONDISI PSIKOLOGIS PASIEN ORTODONTI YANG DIRAWAT DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN AKIBAT PANDEMI COVID-19”, Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 6(1), pp. 25-31. doi: 10.36086/jkgm.v6i1.2130.