PENERAPAN GAME EDUKASI ULAR TANGGA BERBASIS WEB TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK
Abstract
Latar Belakang: Karies gigi merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang dapat mempengaruhi kesehatan banyak anak. Permainan ular tangga merupakan salah satu media edukasi kesehatan yang dapat menambah pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut, permainan ini termasuk dalam salah satu kategori permainan edukasi.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan permainan edukasi ular tangga berbasis web dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi pada anak, dengan program edukasi menggunakan permainan edukasi ular tangga berbasis web. Metode: Desain penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest dan posttest. Sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sebanyak 30 anak. Rombongan disuguhi permainan edukasi ular tangga berbasis web. Instrumennya menggunakan lembar soal pengetahuan sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis statistik dengan uji tes (Uji T). Hasil: Skor validitas sebesar 87,5% yang menunjukkan kategori layak dengan nilai p=0,0000 menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan mempunyai kemampuan mengukur variabel dengan tingkat reliabilitas yang tinggi. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh permainan edukasi ular tangga berbasis web terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05), dengan rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan permainan edukasi ular tangga berbasis web permainan dan masing-masing 72,17 dan 82,50. Kesimpulan:Hal ini menunjukkan Game Edukasi Ular Tangga Berbasis Web mempunyai pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak.
Kata kunci : Ular tangga; Pendidikan teknologi; Kesehatan gigi; Pengetahuan.
Copyright (c) 2024 Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work