Uji Karakteristik Bunga Telang sebagai Bahan Disclosing Pendeteksi Plak Gigi

  • Nur Adiba Hanum Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Trya Febriyanti Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Dhandi Wijaya Poltekkes Kemenkes Palembang https://orcid.org/0000-0003-0120-1392
  • Marlindayanti Marlindayanti Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Mujiyati Mujiyati Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Ismalayani Ismalayani Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: Bunga telang;, bahan disclosing, plak

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Plak adalah lapisan bakteri yang lengket dan tidak berwarna yang terbentuk pada gigi, karena itu untuk mendeteksi plak gigi dibantu dengan bahan yang memiliki warna yang kontras dan dapat berdifusi dalam plak yang disebut ‘bahan disklosing’.  Bunga Telang (Clitoria ternatea) memiliki kandungan antosianin yang cukup tinggi, dengan warna bunga yang mencolok. Tujuan penelitian untuk menguji karakteristik bunga telang sebagai bahan disclosing pendeteksi plak gigi. Metode: penelitian eksperimen dengan rancangan postest only with control group design. Jumlah responden 32 orang berusia 17-18 tahun. Bahan bunga telang segar. Triplaque Gel sebagai bahan kontrol. Menggunakan analisis deskriptif.

Hasil: Berdasar uji karakteristik bahwa bunga telang dapat larut dalam plak gigi, menandai dengan jelas usia plak (plak tua dan plak muda), rasanya (agak manis) lebih disukai responden daripada bahan kontrol (hambar), Pada Uji klinis setelah pemberian selama 5 menit pada gigi tidak terjadi iritasi  gingiva sama dengan kondisi pemberian bahan kontrol.

Kesimpulan: Berdasarkan uji Karakteristik, uji klinis dan uji laboratorium bunga telang dapat berfungsi sebagai bahan disklosing untuk mendeteksi plak gigi dan tidak mencegah penurunan pH saliva.

 

 

Published
2024-06-04
How to Cite
Hanum, N., Febriyanti, T., Wijaya, D., Marlindayanti, M., Mujiyati, M. and Ismalayani, I. (2024) “Uji Karakteristik Bunga Telang sebagai Bahan Disclosing Pendeteksi Plak Gigi”, Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 6(1), pp. 19-24. doi: 10.36086/jkgm.v6i1.2205.