Dwi Aisyah Pengaruh Video Interaktif Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Gigi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK Kemala Bhayangkari 42 Kota Bandung
Pengaruh Video Interaktif Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Gigi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK Kemala Bhayangkari 42 Kota Bandung
Abstract
Anak usia pra sekolah merupakan kelompok umur yang mudah mengalami penyakit gigi dan mulut. Pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi anaknya. Edukasi menggunakan video dapat memudahkan proses penyerapan pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi. Penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya pengaruh video interaktif terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi pada anak usia pra sekolah di tk kemala bhayangkari 42 kota bandung. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian Eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental dan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Pengumpulan data diperoleh secara langsung dari hasil pemberian kuesioner kepada ibu dari anak di tk kemala bhayangkari diukur dengan melakukan pretest dan posttest. Hasil uji t-test dependent menunjukkan bahwa nilai p sebesar 0,001 atau < 0,05. Berdasarkan hasil uji statistic tersebut dapat dilihat bahwa ada perbedaan bermakna sebelum dan sesudah di berikan edukasi tentang kesehatan gigi dengan media video interaktif. Simpulan Terdapat peningkatan pengetahuan responden tentang kesehatan gigi, yang aritnya ada pengaruh video interaktif terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi pada anak usia pra sekolah di TK Kemala Bhayangkari 42 Kota Bandung.
References
2. Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 55. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5727
3. Elsa, S. A., Roslita, R., & Wisanti, E. (2023). Peningkatan Pengetahuan Menggosok Gigi Yang Benar Pada Anak Usia Sekolah Melalui Edukasi Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Media Video. BIMIKI (Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), 11(1), 46–55. https://doi.org/10.53345/bimiki.v11i1.392
4. Hesti, B.B. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal kesehetan gigi. Vol 03(2): 53-57
5. Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto (2016: 9) Perkembangan Media Secara Umum. Bogor: Ghalia Indonesia.
6. Purnama, T., Sasongko, B. G., Permatasari, L., & Ngatemi. (2022). Media Animated Video Versus Dental Phantom Dolls on Teeth Brushing Skills in Preschoolers : Which is More Effective ? International Journal of Drug Research and Dental Science, 4(3), 20–27.
7. Rahina, Y., Iswari IGAA, C., Pratama IWA, W., & Duarsa, P. (2019). Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Pada Orang Tua Anak Usia Prasekolah. Interdental Jurnal Kedokteran Gigi (IJKG), 15(2), 60–66. https://doi.org/10.46862/interdental.v15i2.593
8. Rini, M.K. (2016). Gambaran Pengetahuan Perawat Tentang Penggunaan Alat Pelindung Diri Di Bangsal Rawat Inap Medikal Bedah Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Gamping Sleman. 9(2), 118-131
9. Subekti, A., Sutomo, B., Santoso, B., Salikun, S., Amalia, R., Puspita, R., & Umia, K. (2018). Penerapan Media Software Interaktif Sebagai Media Edukasi Dalam Perubahan Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Kesehatan Gigi Serta Tingkat Kebersihan Gigi. Link, 14(1), 31. https://doi.org/10.31983/link.v14i1.3279
10. Tandilangi, M., Mintjelungan C., Wowor V. 2016. “Efektivitas Dental Health Education Dengan Media Animasi Kartun Terhadap Perubahan Perilaku Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa SD Advent 02 Sario Manado”, Jurnal e-Gigi (eG), Vol.4, No.2: 107.
11. Yusra, V. D., Machmud, R. dan Yenita. 2016. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang SADARI di Nagari Painan, Jurnal Kesehatan Andalas, 5(3), 697–704.
Copyright (c) 2024 Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work