PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SISWA KELAS 5 SETELAH MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN GAME
Abstract
Latar Belakang: Pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut anak Sekolah Dasar sangat penting pada pencegahan pertumbuhan debris indeks. Debris indeks yang buruk terjadi dikarenakan anak kurang memelihara kebersihan gigi dan mulut, debris akan mengumpul bersama dengan saliva membentuk plak yang mengandung bakteri. Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui gambaran tingkat pengetahuan mengenai pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut siswa kelas 5 terkait tingginya debris indeks setelah menggunakan media papan game.
Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif yang dilaksanakan di SDN Pesanggrahan 1 Bangkalan. Sampel yang digunakan adalah teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas 5 yang berjumlah 40 orang.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut siswa kelas 5 setelah meggunakan media papan game dalam kategori baik (90%) tentang waktu menyikat gigi yang benar, (88%) tentang cara memilih dan merawat sikat gigi, (93%) tentang pola makan yang baik, (87%) tentang periksa gigi secara rutin, (80%) tentang cara menyikat gigi yang benar.
Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penyuluhan dengan menggunakan media papan game efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut dengan rata-rata (87,6%) termasuk dalam kategori baik.
References
2. Siahaan, E. G. (2020). Gambaran Menyikat Gigi Terhadap Penurunan Debris Indeks Pada Siswa-Siswi Kelas IV SD Negeri 067247 Kecamatan Medan Tuntungan. Bussiness Law Binus, 7(2), 33–48.
3. Erwin, E., Asmawati, A., & Sofyan, S. (2021). Perbedaan Indeks Plak pada Pemeriksaan dengan Bahan Disclosing Solution dan Biji Kesumba (Bixa orellana). Jurnal Surya Medika, 6(2), 5–9. https://doi.org/10.33084/jsm.v6i2.1535
4. Ekasari, R. F., Hadi, S., & Larasati, R. (2022). Hubungan Cara Menyikat Gigi Dengan Indeks Kebersihan Gigi Dan Mulut ( Studi Pada Siswa Kelas V SDN Tambakrejo 1 Krembung , Sidoarjo ). Jurnal Ilmiah, 3(2), 280–287.
5. Suriadi. (2019). Gambaran Tindakan Memelihara Kebersihan Gigi dan Mulut Terhadap Indeks Plak Pada Siswa/i Kelas V SD Negeri 102004 Tiga Juhar Kecamatan STM Hulu. 1-41
6. Syarafina, B., Nisa, D. A., & Romadhona, M. (2022). Perancangan Board Game “Gigiku Sehat” Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Dasar Kelas 1 - 3. Jurnal Imajinasi, 6(2), 112. https://doi.org/10.26858/i.v6i2.38033
7. Sabela, M. Ida , & Marjianto, A. (2021). Systematic Literature Review : Kebiasaan Menyikat Gigi Sebagai Tindakan Pencegahan Karies Gigi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG, 2(No 2, Juli 2021), 345–351. http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/jikg/index
8. Kusumaningsih, T. puspa, & Sulastri, I. (2023). Pembiasaan Personal Hygiene Gosok Gigi Yang Benar Sebagai Upaya Perawatan Gigi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas-Ibisa Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 6–12.
9. Febrianty, W. Tri, S. Irwan, & Chaeruddin. (2023). Hubungan Konsumsi Makanan Kariogenik dan Status Sosial Ekonomi dengan Kejadian Karies. 3(1), 15–24.
10. Retnowati, D. (2022). Dampak Promosi Kesehatan Terhadap Peningkatan Perilaku Kunjungan Ke Dokter Gigi Pada Anak Usia 6-12 Tahun: Scoping Review. JIKG (Jurnal Ilmu Kedokteran Gigi), 5(2), 15–25. https://doi.org/10.23917/jikg.v5i2.20529
11. Hikmah, S., Herijulianti, E., Marahlaut, D., & Nurnaningsing, H. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Menyikat Gigi Pada Santri. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 01(01), 35–42. https://jks.juriskes.com/index.php/jks/article/view/1748
Copyright (c) 2024 Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work