EFEKTIVITAS BELAJAR MELALUI VIDEO ANIMASI DIBANDING MENDENGARKAN LAGU MENYIKAT GIGI TERHADAP PENURUNAN SKOR PLAK ANAK TK IT MUTIARA PALEMBANG

  • Debi Yunita Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Abu Hamid Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Nur Adiba Hanum Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Ismalayani Ismalayani Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: Media, Video Animasi, Lagu Menyikat Gigi, Skor Plak

Abstract

Usia kehamilan merupakan masa yang baik bagi anak untuk mulai menunjukkan minat pada kesehatan, pada masa ini anak baik diberikan pendidikan mengenai kesehatan khususnya kesehatan gigi dan mulut. Media merupakan alat yang penting dalam kegiatan pembelajaran, karena dengan adanya media dapat menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan bagi anak, adapun media yang dapat digunakan pada anak usia dini adalah media video animasi dan lagu menyikat gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas belajar menggunakan video animasi dan lagu menyikat gigi terhadap penurunan skor plak anak di TK IT Mutiara Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian two group pre-post test design. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Februari 2024 dengan sampel penelitian sebanyak 32 anak yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil rata-rata skor plak sebelum dan sesudah belajar menyikat gigi dengan menonton video animasi sebesar 34,94 dan 5,56, rata-rata skor plak sebelum dan sesudah belajar menyikat gigi dengan lagu sebesar 39,18 dan 9,06. Hasil uji Mann Whitney U diperoleh P-Value sebesar 0,836 dimana p > 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan makna antara efektivitas belajar menggunakan video animasi dan lagu menyikat gigi dalam menurunkan skor plak anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menyajikan media video animasi dan lagu menyikat gigi efektif dalam menurunkan skor plak anak di TK IT Mutiara Palembang dan tidak terdapat perbedaan makna antar penggunaan kedua media tersebut.

Published
2025-06-10