PERBANDINGAN MENGUNYAH BUAH PIR MADU (Pyrus bretschneideri) DENGAN APEL FUJI (Mallus sylvestris mill) DALAM PENURUNAN SKOR PLAK

  • Tri Ayu Murni Jurusan Keperawatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Listrianah Listrianah Jurusan Keperawatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: Pir madu; Apel Fuji; Plak

Abstract

Plak merupakan suatu deposit lunak yang melekat erat pada permukaan gigi yang terdiri dari mikroorganisme yang berkembang biak dalam suatu matrik interseluler apabila seseorang melalaikan kebersihan gigi dan mulutnya. Pencegahan primer masalah gigi dan mulut perlu dilakukan dengan cara menanamkan kebiasaan kontrol plak pada anak-anak. Kontrol plak merupakan upaya mengurangi dan mencegah akumulasi plak gigi. Banyak buah-buahan yang mengandung serat dan berair diantaranya buah pir madu (Pyrus bretschneideri) dan buah apel fuji (Mallus sylvestris Mill). Penelitian ini bertujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan mengunyah buah pir madu dengan apel fuji dalam penurunan skor plak. Penelitian ini adalah studi literatur. Hasil penelusuran didapatkan bahwa buah apel fuji (Mallus sylvestris mill) lebih berperan dalam menurunkan skor plak. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa buah apel lebih membantu untuk menurunkan skor plak, karena buah apel memiliki kandungan tannin berkonsentrasi tinggi yang dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gingiva yang disebabkan oleh penumpukan plak. Sedangkan buah pir tidak memiliki kandungan yang terlalu signifikan untuk menghambat bakteri pembentukan plak.

Published
2020-10-03
How to Cite
Murni, T. and Listrianah, L. (2020) “PERBANDINGAN MENGUNYAH BUAH PIR MADU (Pyrus bretschneideri) DENGAN APEL FUJI (Mallus sylvestris mill) DALAM PENURUNAN SKOR PLAK”, Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 2(1), pp. 30-37. Available at: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/jkgm/article/view/549 (Accessed: 27February2021).