GAMBARAN PENGETAHUAN TENTANG PENGARUH ROKOK ELEKTRIK TERHADAP KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA KOMUNITAS VAPOR DI KOTA PALEMBANG

  • Allicia Maharani Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Sri Wahyuni Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Nur Adiba Hanum Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: pengetahuan, rokok elektrik, kesehatan gigi dan mulut

Abstract

Latar Belakang : Rokok Elektrik dirancang untuk menghantarkan nikotin tanpa asap tembakau dengan cara memanaskan larutan nikotin, perasa, propilen glycol dan glycerin. Rokok elektrik dapat menyebabkan beberapa gangguan pada rongga mulut seperti perubahan struktur dan estetika gigi, melanosis rongga mulut, xerostomia, danp periodontitis. Umumnya rokok elektrik digunakan oleh kalangan milenial dan  menjadikannya sebagai gaya hidup yang ingin dicoba. Pengguna pemula hanya ikut-ikutan untuk menggunakan tanpa tahu dampak bagi kesehatan gigi dan mulut. Vaping dianggap lebih aman dibandingkan rokok konvensional karena tidak mengandung produk-produk  pembakaran yang berbahaya.  Hal ini menunjukkan bahwa  masih minimnya pengetahuan yang diterima oleh masyarakat tentang bahaya rokok elektrik. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran pengetahuan tentang pengaruh rokok elektrik terhadap kesehatan gigi dan mulut pada komunitas vapor di kota Palembang. Metode: Deskriptif, Dilaksanakan pada bulan Februari 2021. Sample penelitian ini sebanyak 100 orang pengguna rokok elektrik di kota Palembang dengan analisa data Univariat. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa responden pengguna vapor yang memiliki pengetahuan tentang pengaruh rokok elektrik terhadap kesehatan gigi dan mulut dengan katergori baik sebesar 26%, dengan kategori sedang sebesar 10%, dan kategori kurang sebesar 64%. Simpulan: Sebagian besar pengguna rokok elektrik memiliki pengetahuan  tentang pengaruh rokok elektrik terhadap kesehatan gigi dalam kategori kurang sehingga perlu diberikan edukasi pada pengguna rokok elektriik.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, rokok elektrik, kesehatan gigi dan mulut

Published
2021-07-27
How to Cite
Maharani, A., Wahyuni, S. and Hanum, N. (2021) “GAMBARAN PENGETAHUAN TENTANG PENGARUH ROKOK ELEKTRIK TERHADAP KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA KOMUNITAS VAPOR DI KOTA PALEMBANG”, Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 3(1), pp. 44-47. doi: 10.36086/jkgm.v3i1.759.