GAMBARAN FREKUENSI MINUM SUSU BOTOL DENGAN KEJADIAN RAMPAN KARIES PADA ANAK TK DI KECAMATAN KALIDONI

  • Meilani Putri kesehatan gigi poltekkes palembang
  • Marlindayanti Marlindayanti
  • Ismalayani Ismalayani
Keywords: Rampan karies, frekuensi , susu botol

Abstract

Latar Belakang : Rampan karies merupakan penyakit multifaktoral dimana faktor-faktor tersebut saling berinteraksi. Ada beberapa faktor yang memiliki kontribusi dalam menyebabkan terjadinya karies gigi pada anak. Faktor kejadian karies gigi antara lain faktor dari makanan, kebersihan mulut, kebiasaan-kebiasaan yang tidak sesuai dengan kesehatan seperti mengemut makanan dan pemberian makanan melalui botol.

Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui gambaran frekuensi minum susu botol dengan kejadian rampan karies pada anak TK di Kecamatan Kalidoni.

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak150 orang dan sampel 30 orang diambil menggunakan tehnik proposive sampling.

Hasil Penelitian : Menunjukkan anak yang menderita rampan karies sebanyak 83% (25 orang), terbanyak pada kategori rampan karies tipe 3 (12 orang) dan tipe 2 (12 orang) dan tipe 1 (1 orang). Frekuensi minum susu botol perhari yang paling banyak yaitu 4 kali dalam sehari sebanyak 13 orang.

Kesimpulan : Semakin tinggi frekuensi minum susu botol perhari maka semakin tinggi resiko terkena rampan karies. Jadi didapatkan ada pengaruh antara frekuensi minum susu botol dan kejadian rampan karies pada anak TK di Kecamatan Kalidoni.

Published
2021-07-23
How to Cite
Putri, M., Marlindayanti, M. and Ismalayani, I. (2021) “GAMBARAN FREKUENSI MINUM SUSU BOTOL DENGAN KEJADIAN RAMPAN KARIES PADA ANAK TK DI KECAMATAN KALIDONI”, Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 2(2), pp. 19-22. Available at: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/jkgm/article/view/761 (Accessed: 6September2024).