GAMBARAN PEWARNAAN GIGI (STAIN) PADA MASYARAKAT YANG MENGONSUMSI TEH DI DESA GUNUNG AGUNG PAGAR ALAM

  • Suci Yulanda Sapitri Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Saluna Deynilisa Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Palembang
  • R. A. Zainur Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: Teh; pewarnaan gigi; stain

Abstract

Latar belakang. Stain gigi ialah warna yang menempel diatas permukaan gigi biasanya terjadi karena pelekatan warna makanan, minuman (seperti teh) ataupun kandungan nikotin yang merupakan substansi penghasil stain gigi. Pewarnaan pada gigi biasanya berwarna kekuningan, kecoklatan dan kehitaman diakibatkan karena masyarakat mengonsumsi rokok, kopi dan teh.

Tujuan. Untuk Mengetahui Gambaran Pewarnaan Gigi pada Masyarakat yang Mengonsumsi Teh di Desa Gunung Agung Pagar Alam.

Metode. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan sampel yang diambil secara purposive sampling.

Hasil. Dari 221 warga di Desa Gunung Agung Pagar Alam, ada 60 orang yang di periksa. Didapatkan bahwa seluruh masyarakat yang memiliki kebiasaan mengonsumsi teh memiliki stain berwarna kecoklatan, diantara 60 orang ada 12 yang memiliki kebiasaan meminum teh >3 kali sehari dan dari 12 orang tersebut seluruh giginya terdapat stain, kemudian pada masyarakat yang mengonsumsi teh selama 50-60 tahun stain yang terbentuk mencakup seluruh gigi.

Simpulan. Semakin lama seseorang mengonsumsi teh dan semakin sering seseorang mengonsumsi teh dalam sehari maka stain yang terbentuk semakin luas dan stain yang terbentuk berwarna kecoklatan.

Published
2021-07-27
How to Cite
Sapitri, S., Deynilisa, S. and Zainur, R. (2021) “GAMBARAN PEWARNAAN GIGI (STAIN) PADA MASYARAKAT YANG MENGONSUMSI TEH DI DESA GUNUNG AGUNG PAGAR ALAM”, Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 3(1), pp. 48-51. doi: 10.36086/jkgm.v3i1.804.