PERBANDINGAN MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI JURUSAN KESEHATAN GIGI POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG

  • Agna Auryne Putri Prameswari Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Palembang
  • Mujiyati Mujiyati
  • Tri Syahniati
Keywords: Manajemen waktu; mahasiswa; pandemi Covid-19; sistem pembelajaran

Abstract

Abstrak

Latar belakang. Manajemen waktu merupakan salah satu masalah di kalangan mahasiswa, dan hal itu dapat mempengaruhi bagaimana mahasiswa mengatur waktu yang tersedia dan bertanggung jawab secara akademis. Perubahan sistem pembelajaran dari sebelum dan selama pandemi COVID-19 akan memaksa mahasiswa untuk merubah pola manajemen waktu.

Tujuan. Untuk mengetahui perbandingan manajemen waktu mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran sebelum dan selama pandemi Covid-19 di kampus Jurusan Kesehatan Gigi.

Metode. Penelitian ini adalah kausal komparatif dengan besar sampel sama dengan populasi penelitian yaitu 55 Mahasiswa Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Palembang angkatan 2018 melalui pendekatan deksriptif kuantitatif dan analisis data menggunakan uji T berpasangan.

Hasil. Rata-rata manajemen waktu mahasiswa saat melaksanakan pembelajaran sebelum pandemi Covid-19 adalah 52,27 dan rata-rata manajemen waktu mahasiswa saat melaksanakan pembelajaran selama pandemi Covid-19 adalah 55,53. Hasil uji T didapatkan nilai p= 0,02 (<0,05).

Kesimpulan. Ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara manajemen waktu mahasiswa saat melaksanakan pembelajaran sebelum pandemi Covid-19 dan selama pandemi Covid-19.

Kata kunci: Manajemen waktu; mahasiswa; pandemi Covid-19; sistem pembelajaran

Published
2021-07-23
How to Cite
Prameswari, A., Mujiyati, M. and Syahniati, T. (2021) “PERBANDINGAN MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI JURUSAN KESEHATAN GIGI POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG”, Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 2(2), pp. 10-13. Available at: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/jkgm/article/view/807 (Accessed: 28June2024).