SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI ANAK PRASEKOLAH
Abstract
Abstrak : Karies gigi merupakan penyakit pada jaringan gigi dan diawali dengan terjadinya kerusakan pada permukaan gigi yaitu dari bagian enamel ke dentin yang kemudian meluas ke arah pulpa. kerusakan gigi sulung lebih cepat menyebar, meluas dan lebih parah dari pada gigi permanen. RISKESDAS, menyatakan prevalensi karies pada usia dini dalam rentang usia 3-4 tahun sebesar 82% artinya hanya 18% anak Indonesia yang bebas dari karies gigi. Orang tua khususnya ibu harus mengetahui cara merawat gigi anak dan mendidik anak cara merawat gigi yang baik dan benar, sedangkan ibu menganggap karies bukan masalah yang serius. Tujuan : Hubungan pengetahuan ibu dengan kejadian karies gigi anak pra sekolah. Desain :Tinjauan Pustaka Sistematis . Sumber Data : Pencarian artikel dilakukan pada database Google Schoolar (2015-2020), DOAJ (2015-2020), SINTA (2015-2020) dan Garuda Jurnal (2015-2020). Metode : Strategi pencarian artikel menggunakan PICOS dan kata kunci yang disesuaikan dengan topik penulisan. Artikel dipilih berdasarkan abstrak atau teks lengkap sebelum dimasukkan dalam sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang akan di review . Kesimpulan : sebagian besar artikel menjelaskan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu dengan kejadian karies gigi pada anak pra sekolah.
Copyright (c) 2021 Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work