Pengaruh Pelatihan Supervisi Keperawatan Melalui Peer Teaching Method terhadap Kemamampuan Supervisi Kepala Ruang Rawat Inap di RSUP dr. Moh. Hoesin Palembang Tahun 2011

  • Muliyadi Muliyadi
  • Ismar Agustin
  • Azhari Azhari
Keywords: Pelatihan Supervisi Keperawatan melalui Peer Teaching Method, Pengetahuan, Kemampuan Supervisi

Abstract

Keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan di rumah sakit. Implikasinya adalah bahwa manajemen keperawatan merupakan bagian penting dalam manajemen rumah sakit secara keseluruhan. Supervisi merupakan salah satu kegiatan penting dalam fungsi actuating pelaksanaan. Supervisi memungkinkan manajer keperawatan menemukan berbagai hambatan dan permasalahan dalam pelaksanaan asuhan keperawatan di ruang perawatan. Kemampuan supervisi kepala ruangan perlu mendapat perhatian dari pihak manajemen agar kemampuan supervisi tetap dapat dipertahankan atau ditingkatkan, maka perlu diadakan pelatihan atau training dengan metode yang aplikatif. Peer teaching method merupakan metode aplikatif yang dapat digunakan dalam pelajaran androgogik atau pembelajaran orang dewasa yang secara prinsip dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan atau skill tertentu penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelatihan supervisi Keperawatan dengan kemampuan supervisi kepala ruang rawat. Desain penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan prepost test desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh kepala ruang rawat di RSUP Dr Moh Hoesin Palembang. Sampel adalah kepala ruang rawat yang berjumlah 25 orang yang ditentukan berdasarkan simple random sampling. Penelitian dilaksanakan pada 22 September sampai 15 November 2011. Analisis bivariat dengan uji t terhadap dua kelompok berpasangan dengan tingkat signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan pelatihan supervisi melalui peer teaching method terhadap pengetahuan kepala ruangan tentang supervisi (p value = 0,000) dan kemampuan supervisi kepala ruangan (p value 0,005). Disarankan bagi RSUP Dr Moh Hoesin untuk melaksanakan pelatihan supervisi berkelanjutan merumuskan standar kebijakan dan pedoman supervisi serta merumuskan standar pelayanan keperawatan dan mekanisme evaluasi untuk pelaksanaan supervisi.

Published
2022-09-06
How to Cite
1.
Muliyadi M, Agustin I, Azhari A. Pengaruh Pelatihan Supervisi Keperawatan Melalui Peer Teaching Method terhadap Kemamampuan Supervisi Kepala Ruang Rawat Inap di RSUP dr. Moh. Hoesin Palembang Tahun 2011. JPP [Internet]. 6Sep.2022 [cited 22Dec.2024];1(10):133-6. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/1361