ANALISIS KEMURNIAN EKSTRAKSI ASAM RIBONUKLEAT PADA SAMPEL DARAH MENSTRUASI

  • Ocktariyana Ocktariyana
  • Dian Lestari
  • Asmarinah Asmarinah
Keywords: Asam ribonukleat, isolasi ARN, menstuasi.

Abstract

Latar Belakang: Asam nukleat mengandung materi genetik dan berfungsi untuk mengatur perkembangan biologis seluruh bentuk kehidupan secara seluler.  Asam nukleat yang paling umum adalah Asam deoksiribonukleat (ADN) dan Asam ribonukleat (ARN). Untuk mengeluarkan ARN dari dalam intisel maka diperlukan suatu teknik isolasi. Suatu ekstraksi asam nukleat dikatakan baik jika dari prosedur yang dilakukan bisa didapatkan asam nukleat yang murni dan utuh.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemurnian ekstrak asam nukleat dari sampel darah menstruasi menggunakan teknik isolasi asam nukleat.

Metode: Sampel darah menstruasi dikumpulkan dengan cara ditampung pada kertas saring yang di desain khusus. Sampel akan diekstraksi menggunakan Quick-ARN Miniprep Plus Kit R1058 Zymo Research untuk isolasi ARN, selanjutnya diukur tingkat kemurnian dengan menggunakan alat nanodrop berdasarkan prinsip spektrofotometri. Data diolah secara statistic dengan menggunakan analisis deskripsi dalam disajikan dalam bentu distribusi frekuensi dan nilai rerata.

Hasil: pada penelitian ini diperoleh bahwa rerata tangka kemurnian ARN sampel darah menstruasi yang ditampung pada kertas saring pada Panjang gelombang A260 / A280 adalah 2,07, dan Panjang gelombang A260 / A230 adalah 2,1.

Kesimpulan: Isolasi ARN pada sampel darah menstruasi yang ditampung di kertas saring  memiliki tingkat kemurnian yang optimal.

Published
2022-12-31
How to Cite
1.
Ocktariyana O, Lestari D, Asmarinah A. ANALISIS KEMURNIAN EKSTRAKSI ASAM RIBONUKLEAT PADA SAMPEL DARAH MENSTRUASI. JPP [Internet]. 31Dec.2022 [cited 9Feb.2023];17(2):238-42. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/1392