EFEKTIVITAS SELF-INSTRUCTIONAL MODULE (SIM) DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II
Abstract
Latar Belakang: Rendahnya pengetahuan penderita diabates mellitus berdampak pada rendahnya self care management dan kemungkinan terjadinya peningkatan komplikasi penyakit. Salah satu media untuk meningkatkan pengetahuan pasien diabetes mellitus adalah dengan memberikan informasi melalui self instructional module (SIM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas self instructional module (SIM) terhadap peningkatan pengetahuan pasien diabates melitus.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental dengan rancangan pretest-postest group design dengan jumlah sampel 15 orang yang ditentukan secara purposive sampling. Hasil: Analisis data menunjukkan self instructional module (SIM) efektif dalam meningkatkan pengetahuan pasien diabates mellitus dengan nilai p 0,04 (p<0,05). Sebagian besar responden mengalami peningkatan pengetahuan tentang pengobatan dan komplikasi setelah pemberian modul
Kesimpulan: SIM efektif dalam meningkatkan pengetahuan pasien diabates melitus.
Copyright (c) 2023 Abd. Gani Baeda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right dipegang oleh pengelola jurnal