ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTA PALEMBANG

  • Heni Sumastri Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Nesi Novita
  • Amaliah Dwi Putri
Keywords: ASI eksklusif, faktor yang mempengaruhi, perilaku ibu.

Abstract

Latar Belakang: Pemberian  ASI eksklusif  memberikan  manfaat  yang  besar bagi tumbuh kembang bayi. Sayangnya  pemberian  ASI eksklusif  di Indonesia  dan pada khususnya kota Palembang masih terbilang  rendah.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 7-12 bulan di wilayah kerja Puskesmas Talang Ratu Kota Palembang.

Metode: Desain penelitian yang digunakan analitik korelasi dengan rancangan penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Accidental Sampling (Non Probability). Sampel penelitian ini berjumlah 33 responden. Pengambilan data dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Talang Ratu Palembang dengan menggunakan lembar kuesioner pada bulan Mei 2021. Analisa data menggunakan uji chi square.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan bermakna antara sikap dengan perilaku pemberian ASI eksklusif (p value = 0,012), dan tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku pemberian ASI eksklusif (p value = 0,315), pekerjaan dengan perilaku pemberian ASI eksklusif (p value = 1,000), tingkat pendidikan dengan perilaku pemberian ASI eksklusif (p value = 0,196).

Kesimpulan: Faktor yang mempengaruhi pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Talang Ratu Palembang tahun 2021 yaitu sikap.

Published
2023-06-30
How to Cite
1.
Sumastri H, Novita N, Putri A. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTA PALEMBANG. JPP [Internet]. 30Jun.2023 [cited 3Mar.2024];18(1):43-1. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/1679