Pengaruh Konseling Gizi Pada Ibu Batita Gizi Kurang Terhadap Perubahan Status Gizi Batita Di Wilayah Kerja Puskesmas Dempo Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang Tahun 2012

  • M Yusuf Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Jont Marson Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Rossiana Dewi Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: Konseling gizi, Perubahan Status Gizi

Abstract

Tingkat pendidikan penduduk dan pengetahuan serta kesadaran masyarakat dibidang kesehatan yang relatif rendah diduga merupakan penyebab utama timbulnya masalah gizi. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk membantu permasalahan gizi adalah melalui konsdeling gizi (Depkes, 2000).
Tujuan penelitian ini diketahuinya Pengaruh Konseling Gizi pada Ibu batita gizi kurang Terhadap Perubahan Status Gizi Anak Batita Metode penelitian adalah kuasi eksprimen  dengan pre test dan post test dengan kontrol. Konseling dilakukan satu kali seminggu selama enam minggu.
Hasil uji statistik univariat menunjukkan bahwa pengetahuan ibu batita kelompok eksprimen, sebelum intervensi konseling gizi, sebesar 30 % baik kemudian meningkat menjadi 70 % setelah dilakukan intervensi konseling gizi. Sebaliknya kelompok kontrol 60 % baik  menjadi 50 % baik. Hasil penelitian tentang sikap, sebelum intervensi kelompok eksprimen, 40% menyatakan baik menjadi 30 % . Pada sikap ibu batita kelompok kontrol pada saat pre test  60 % menyatakan baik menjadi 70% .  Hasil uji bivariat (uji T) kelompok eksprimen menunjukkan bahwa ada perubahan pengetahuan ibu batita secara signifikan dengan = 0,00227108. Sedangkan pada kontrol tidak ada perubahan pengetahuan ibu dengan = 0,823857. Tidak ada perubahan sikap ibu batita sebelum dan sesudah konseling gizi pada kelompok eksprimen dengan = 0,068. Begitu juga, dengan kelompok kontrol tidak ada perubahan sikap ibu dengan = 0,49610156  Secara statistik ada pengaruh konseling gizi pada ibu batita terhadap perubahan status gizi batita yang sangat bermakna dsengan < 0. Disarankan untuk meningkat status gizi perlu dilakukan konseling gizi.

Published
2018-07-30
How to Cite
1.
Yusuf M, Marson J, Dewi R. Pengaruh Konseling Gizi Pada Ibu Batita Gizi Kurang Terhadap Perubahan Status Gizi Batita Di Wilayah Kerja Puskesmas Dempo Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang Tahun 2012. JPP [Internet]. 30Jul.2018 [cited 28Sep.2024];1(14). Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/172