Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Personal Hygiene Di Sdnegeri 16 Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim Tahun 2013
Abstract
Personal hygiene (Kebersihan diri) adalah upaya seseorang dalam memelihara kebersihan dirinya untuk memperoleh kesejahteraan fisik dan psikologis. Perawatan diri yang secara positif mempengaruhi kesehatan manusia yang dilakukan sebagai aktivitas kehidupan sehari-hari. Lazimnya kebersihan diri pada anak fase usia sekolah 6-12 tahun meliputi kebersihan gigi dan mulut, kebersihan tangan, kebersihan kuku, kebersihan rambut, kebersihan kulit dan kebersihan telinga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang Personal hygiene terhadap pengetahuan dan sikap anak. Penelitian ini menggunakan pre eksperimental design dengan menggunakan pre-post test design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 16 Sungai Rotan Kab Muara Enim Tahun 2013. Sampel yang digunakan adalah total populasi yang berjumlah 78 responden. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan sistem komputerisasi dan menggunakan uji wilcoxon. Hasil bivariat menunjukkan adanya pengaruh bermakna dari pemberian pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dengan (pvalue=0,000) dan tidak ada pengaruh bermakna dari pemberian pendidikan kesehatan terhadap sikap dengan (pvalue=0,211) anak di SD Negeri 16 Sungai Rotan Kab. Muara Enim. Dari hasil penelitian, disarankan agar pihak sekolah bekerjasama dengan petugas kesehatan untuk melakukan kegiatan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap terhadap kesehatan, mengingat kesehatan merupakan hal penting bagi kehidupan.
Copy Right dipegang oleh pengelola jurnal