Pengembangan Video Pembelajaran Praktik Pemberian Nutrisi Melalui Naso Gastric Tube (Ngt) Mata Kuliah Keterampilan Dasar Kebidanan Di Diploma III Kebidanan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan video pembelajaran praktik pemberian nutrisi melalui Naso Gastric Tube (NGT) yang valid, 2) menghasilkan video pembelajaran praktik pemberian nutrisi melalui NGT yang praktis, 3) mengetahui dampak potensial penggunaan video pembelajaran praktik pemberian nutrisi melalui NGT. Penelitian dilakukan di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Palembang. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Kebidanan Semester I (ganjil) Tahun Akademik 2013/2014. Model pengembangan produk yang digunakan ialah model pengembangan Rowntree. Prosedur penelitian dilakukan tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, checklist, indepth interview, kuesioner, tes tertulis dan tes perbuatan. Semua data terkumpul diolah dan dianalisis. Hasil penelitian diketahui: (1) Video pembelajaran praktik pemberian nutrisi melalui NGT pada Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang sudah memenuhi kriteria sangat valid menurut validator, berdasarkan content, desain pembelajaran dan media; (2) video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis setelah diujicobakan kepada mahasiswa. (3) tahap field trials hasil observasi menunjukkan aktivitas pembelajaran sebesar 90% atau sangat baik dan hasil belajar mahasiswa ratarata 89,81. Dengan demikian, produk video pembelajaran praktik pemberian nutrisi melalui NGT yang peneliti kembangkan memiliki dampak potensial yang sangat baik terhadap hasil belajar mahasiswa.
Copy Right dipegang oleh pengelola jurnal