Hubungan Pencahayaan dan Jarak Pandang terhadap Tingkat Konsentrasi Mahasiswa di Ruang Kelas Universitas Bali Internasional

  • I Gusti Agung Haryawan Program Studi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja, Universitas Bali Internasional
  • Komang Angga Prihastini Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Universitas Bali Internasional
  • Nilam Cahaya Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Universitas Bali Internasional
Keywords: Pencahayaan, jarak pandang, tingkat konsentrasi

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Kampus merupakan sarana pendidikan yang digunakan  mahasiswa untuk menempuh pendidikan secara formal. Pada proses belajar mengajar di dalam kelas banyak di jumpai permasalahan-permasalahan yang bisa menurunkan tingkat konsentrasi dari mahasiswa itu sendiri. Saat melaksanakan pembelajaran media yang sering di gunakan adalah slide proyektor untuk menampilkan materi perkuliahan. Tampilan yang muncul pada slide biasanya tidak sesuai dengan apa yang di inginkan, ini dipengaruhi oleh beberapa faktor: tampilan slide terlalu tinggi, besar tulisan, warna, pencahayaan dan jarak pandang yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah ergonomi yang berlaku.

Metode: Penelitian ini dengan rancangan cross sectional study pengamatan yang dilakukan untuk menggali informasi pencahayaan terhadap jarak pandang menggunakan pengukuran dengan luxmeter. Data yang menyangkut variabel bebas dan variabel terikat dikumpulkan pada satu saat saja dan dalam waktu yang bersamaan. Jumlah sampel yang didapat sebanyak 15 orang mahasiswa Universitas Bali Internasional.

Hasil: Rerata umur mahasiswa pada saat penelitian dilakukan adalah 21,53 ± 1,12 tahun, dengan rerata berat badan 56,20 ± 2,83 kg, rerata tinggi badan 165,53 ± 2,69 cm. Rerata jarak pandang dari slide yang berada di dinding depan ke kursi yang ditempati oleh mahasiswa adalah 440,00 ± 101,41 di mana posisi baris pertama sebanyak 5 mahasiswa, baris kedua sebanyak 5 mahasiswa dan baris ketiga sebanyak 5 mahasiswa. Hasil rerata pencahayaan yang di dapat di ruangan kelas adalah 2085,13 ± 28,73 di mana hasil pencahayaan diukur di masing-masing tempat duduk mahasiswa. Hasil data konsentrasi mahasiswa adalah 181,73 ± 241,64, dimana konsentrasi dipengaruhi oleh jarak pandang dan pencahayaan pada saat melakukan perkuliahan.

Kesimpulan: Hasil dan pembahasan penelitian hubungan pencahayaan dan jarak pandang terhadap tingkat   konsentrasi mahasiswa di ruang kelas, ada hubungan antara pencahayaan dengan tingkat konsentrasi mahasiswa, p sebesar 0,000, (p<0,05).

Kata kunci : Pencahayaan, jarak pandang, tingkat konsentrasi

 

ABSTRACT

Background: Campus is an educational facility used by students to take formal education. In the teaching and learning process in the classroom, there are many problems that can reduce the concentration level of the students themselves. When carrying out learning the media that is often used is a slide projector to display lecture material. The display that appears on the slide is usually not in accordance with what is desired, this is influenced by several factors: the slide display is too high, the size of the writing, the color, lighting and viewing distance are not in accordance with the applicable ergonomic rules.

Methods: This research is a cross sectional study design with observations carried out to explore lighting information on visibility using measurements with a luxmeter. Data concerning the independent variable and the dependent variable were collected at one time and at the same time. The number of samples obtained as many as 15 students of the International Bali University.

Results: The mean age of the students at the time of the study was 21.53 ± 1.12 years, with a mean weight of 56.20 ± 2.83 kg, and an average height of 165.53 ± 2.69 cm. The average viewing distance from the slide on the front wall to the seats occupied by students is 440.00 ± 101.41 where the position of the first row is 5 students, the second row is 5 students and the third row is 5 students. The average lighting results obtained in the classroom are 2085.13 ± 28.73 where the lighting results are measured in each student's seat. The result of student concentration data is 181.73 ± 241.64, where concentration is influenced by visibility and lighting during lectures.

Conclusion: The results and discussion of the research on the relationship between lighting and visibility to the concentration level of students in the classroom. There is a relationship between lighting and the concentration level of students, The p results were 0.000, (p <0.05).

Keywords : Lighting, visibility, concentration level

Published
2023-12-31
How to Cite
1.
Haryawan IG, Prihastini KA, Cahaya N. Hubungan Pencahayaan dan Jarak Pandang terhadap Tingkat Konsentrasi Mahasiswa di Ruang Kelas Universitas Bali Internasional. JPP [Internet]. 31Dec.2023 [cited 18Oct.2024];18(2):125-31. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/1811