Skrining Antibodi IgM & IgG Toksoplasmolisis pada Ibu Hamil di Puskesmas Kabupaten Sampang

  • Caturizkyana Novikasari Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Suhariyadi Suhariyadi
  • Evy Diah Woelansari
  • Museyaroh Museyaroh
Keywords: Antibodi IgM & IgG, toksoplasmosis, ibu hamil

Abstract

Latar Belakang: Toksoplasmosis adalah kelainan yang ditimbulkan akibat terjadinya infeksi Toxoplasma gondii. Infeksi toksoplasmosis dapat terjadi secara vertikal, dari ibu pada calon bayi melalui plasenta, sehingga dapat menyebabkan keguguran, kecacatan ataupun lahir mati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya antibodi IgM & IgG toksoplasmosis pada ibu hamil di Puskesmas Torjun Kabupaten Sampang.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode immunokromatografi kualitatif dengan hasil positif/negatif. Alat pemeriksaan yang digunakan yaitu cassette rapid test Dalf Toxo IgM/IgG. Sampel pemeriksaan yang digunakan berjumlah 25 serum ibu hamil yang melakukan periksa rutin di Puskesmas Torjun.

Hasil: Pemeriksaan yang telah dilakukan terhadap 25 sampel darah ibu hamil di Puskesmas Torjun diperoleh sebanyak 25 (100%) ibu hamil negatif IgM toksoplasma. Ibu hamil dengan antibodi IgG toksoplasma positif sebanyak 5 (20%). Ibu hamil dengan antibodi IgG toksoplasma negatif diperoleh sebanyak 20 (80%).

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, ibu hamil di Puskesmas Torjun Kabupaten Sampang yang memiliki antibodi IgG toksoplasma positif sebesar 20% tanpa gejala selama kehamilan.

Published
2023-12-31
How to Cite
1.
Novikasari C, Suhariyadi S, Woelansari E, Museyaroh M. Skrining Antibodi IgM & IgG Toksoplasmolisis pada Ibu Hamil di Puskesmas Kabupaten Sampang. JPP [Internet]. 31Dec.2023 [cited 18Oct.2024];18(2):199-04. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/1839