Pengembangan Aplikasi Sleepy Melodies terhadap Proses Hypno Sleeping pada Bayi 0-6 Bulan

  • Sari Wahyuni Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Efrila Efrila
  • Meilicha Anggraini Pratiwi
  • Nabilah Vista
  • Wahida Rahma Wati
  • Heni Sumastri
Keywords: Aplikasi, Sleepy Melodies, Tidur Bayi

Abstract

Latar Belakang: Tidur  yang berkualitas  sangat penting  dalam  pertumbuhan  bayi  karena  pada  saat  bayi  tertidur,  hormone pertumbuhan disekresi   tiga   kali   lebih   banyak   yakni   kurang   lebih   75%   dibandingkan   saat   bayi terbangun. Anak mengalami masalah tidur setiap malam dikeluhkan oleh orang tua anak sebanyak 36% dan  sebanyak  64% mengatakan,  bayi  dan  anak  usia  prasekolah  mereka  mengalami kesulitan tidur seperti terbangun ditengah malam beberapa kali. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tidur bayi yaitu dengan metode menenangkan bayi. Salah satu yang paling popular aplikasi yang digunakan untuk menengankan bayi tidur adalah “White Noise Machine”. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan aplikasi Sleepy Melodies terhadap Proses Hypno Sleeping Pada Bayi 0-6 Bulan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan aplikasi Sleppy Melodies berbasis android terhadap Proses Hypno Sleeping Pada Bayi 0-6 Bulan.

Metode : Desain penelitian ini menggunakan model  Research  and  Development.  Peneliti memilih model ADDIE dikarenakan model pengembangan tersebutefektif, dinamis, dan mendukung kinerja program itu sendiri. Sumber data penelitian ini berasal dari ibu yang memiliki anak usia 0-6 bulan, bidan, ahli materi, dan ahli media. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun September – Desember 2023 di PMB Rabiah Palembang.

Hasil : Dari hasil uji kelayakan pada pengembangan aplikasi  Sleepy Melodies ini dinyatakan  sangat layak oleh ahli media dengan nilai 96%, oleh ahli materi dengan nilai 95%, ibu yang memiliki bayi dengan nilai 89%, dan bidan dengan nilai 97%.

Kesimpulan : Dari semua hasil uji kelayakan pada pengembangan aplikasi  Sleepy Melodies ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi sleepy melodies sangat layak untuk digunakan dengan nilai 94%

Published
2023-12-31
How to Cite
1.
Wahyuni S, Efrila E, Pratiwi M, Vista N, Wati W, Sumastri H. Pengembangan Aplikasi Sleepy Melodies terhadap Proses Hypno Sleeping pada Bayi 0-6 Bulan. JPP [Internet]. 31Dec.2023 [cited 25Jul.2024];18(2):239-46. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/2083