ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA D III KEBIDANAN PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN III (NIFAS) DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN PALEMBANG
Abstract
Latar Belakang:Setiap program belajar mengajar mempunyai tujuan untuk meningkatkan tujuan pendidikan. Dalam proses pendidikan tersebut partisipasi guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik sangat dibutuhkan. Dengan kata lain kegiatan belajar mengajar, komponen guru dan siswa sangat diperlukan dalam kegiatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan hasil belajar mahasiswa.
Metode:Penelitian ini menggunakan metode analitik dan pendekatan Cross Sctional dengan populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa tingkat II di STIKES Mitra Adiguna Palembang dan sesuai dengan kartu hasil study (KHS) mahasiswa tingkat II semester III tahun 2010 pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan III (Nifas) yaitu sebanyak 97 mahasiswa.
Hasil: hasil penelitian univariat menunjukan bahwa proporsi hasil belajar baik sebanyak 69 responden (71,1%), sikap mahasiswa positif sebanyakk 75 responden (77,3%), minat mahasiswa positif sebanyak 69 responden (71,1%), pendidikan orang tua tinggi sebanyak 74 responden (76,3%), hasil uji statistik menunjukan bahwa ada hubungan bermakna antara sikap (p value 0,001), minat mahasiswa(p value 0,002) dan pendidkan orang tua (p value 0,002) dengan hasil belajar.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ada hubungan yang bermakna antara sikap mahasiswa, minat mahasiswa dan pendidikan orang tua dengan hasil belajar mahasiswa
Copy Right dipegang oleh pengelola jurnal