ANALISIS PENGGUNAAN ANTIOKSIDAN (VITAMIN C DAN E) TERHADAP HITUNG JUMLAH EOSINOFIL DARAH PADA MENCIT PUTIH GALUR SWISS WEBSTER JANTAN YANG TERPAPAR ASAP GAMBUT

  • Muhammad Ahsan Azhari Akademi Keperawatan Kesdam II/ Sriwijaya
  • Siska Delvia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al Ma’arif Baturaja
Keywords: Mencit putih, Antioksidan, Asap gambut, Eosinofil

Abstract

Latar Belakang: Eosinofil merupakan sel inflamasi yang berperan utama dalam proses inflamasi kronik saluran pernafasan. Salah satu upaya untuk mencegah dampak akibat asap adalah dengan konsumsi antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis konsumsi antioksidan terhadap hitung jumlah eosinofil darah mencit putih galur swiss webster jantan yang terpapar asap gambut.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratorium dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Penelitian dilakukan di animal house Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya selam 30 hari pada bulan Juli 2019. Sampel penelitian yaitu mencit putih galur swiss webster jantan sebanyak 33 ekor yang dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan dan 1 kelompok kontrol. Data di analisis dengan uji Kruskall-Wallis dan Mann-Whitney.

Hasil: Hasil penelitian membuktikan paparan asap gambut meningkatkan level eosinofil. Pemakaian masker dan konsumsi antioksidan mampu menurunkan hitung jumlah eosinofil darah mencit putih galur swiss webster jantan yang terpapar asap gambut (p value = 0,015).

Kesimpulan: Penggunaan masker dan konsumsi antioksidan yang diuji coba pada mencit putih mampu menurunkan hitung jumlah eosinofil darah mencit putih galur swiss webster jantan yang terpapar asap gambut. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk unji coba pada manusia.

Published
2019-11-11