PERBEDAAN NYERI PERSALINAN PADA IBU YANG MENDAPATKAN TERAPI MUROTTAL QUR’AN DAN MUSIK KLASIK DI KLINIK BERSALIN KOTA PALEMBANG

  • Sari Wahyuni Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Nurul Komariah Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Nesi Novita Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: Nyeri Persalinan, Murottal Qur’an, Musik Klasik

Abstract

Latar Belakang: Salah satu manajemen nyeri dan kecemasan pada saat ibu mengalami nyeri persalinan dengan memberikan terapi distraksi.Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaan nyeri persalinan dalam persalinan antara yang mendapat terapi murottal Qur’an dan musik klasik di klinik bersalin Palembang.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian intervensi dengan desain penelitian randomized matched two group design. Data dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner dan comparative pain scale. Analisis data dengan anilisis univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil: Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat nyeri persalinan (pv = 0,001) pada sebelum dan setelah diberikan terapi murrotal Qur’an (pv = 0,001).
Pada kelompok terapi musik klasik menunjukkan ada perbedaan tingkat nyeri persalinan (pv = 0,002)sebelum dan setelah diberikan terapi musik klasik.

Kesimpulan: Terapi murotal dan terapi musik klasik dapat menurunkan nyeri persalinan, tidak terdapat perbedaan pemberian terapi murotal Qur’an dan terapi musik klasik dalam menurunkan nyeri persalinan pada ibu bersalin di klinik bersalin Palembang.

Published
2019-11-11