HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN TINGKAT HIPERTENSI DI PUSKESMAS MERDEKA PALEMBANG TAHUN 2019

  • Lily Marleni STIK Siti Khadijah Palembang
Keywords: Aktivitas Fisik, Tingkat Hipertensi

Abstract

Latar Belakang :Hipertensi atau yang sering disebut darah tinggi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang merupakan masalah di Indonesia. Hipertensi adalah keadaan dimana seseorang dinyatakan mengalami peningkatan tekanan darah di atas batas normal. Riskesdas (2018) menunjukkan prevalensi hasil pengukuran tekanan darah, hipertensi naik dari 25,8% menjadi 34,1%. Penelitian ini bertujuan diketahuinya Hubungan Aktivitas Fisik dengan Tingkat Hipertensi di Puskesmas Merdeka Palembang Tahun 2019.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 11 - 21 Juni 2019. Sampel penelitian sebanyak 88 responden.

Hasil :Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa lebih banyak responden dengan aktivitas fisik ringan dengan hasil sebanyak 51 responden (58,0%), dan responden yang memiliki hipertensi ringan dengan hasil sebanyak 69 responden (78,4%).

Kesimpulan :Hasil uji rank spearman dengan pvalue 0.000 maka disimpulkan bahwa ada hubungan antara aktivitas fisik dengan tingkat hipertensi di puskesmas merdeka palembang tahun 2019.

Published
2020-07-01