PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA DIPLOMA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN KLINIK KEPERAWATAN
Abstract
Latar belakang: Pembelajaran klinik merupakan bagian utama dari pendidikan keperawatan. Tujuan dari pembelajaran klinik adalah untuk dapat mengembangkan proses berfikir kritis mahasiswa serta untuk mengintegrasikan antara teori dengan praktik. Untuk dapat melakukan pembelajaran klinik dengan baik, mahasiswa perlu mempersiapkan aspek fisik dan psikologisnya. Kecemasan merupakan salah satu perasaan yang muncul yang biasa dialami oleh mahasiswa sebelum menjalani pembelajaran klinik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan tingkat kecemasan antara mahasiswa tingkat I dan II dalam menghadapi pembelajaran klinik di AKPER Yatna Yuana Lebak.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik komparasi dengan pendekatan cross sectional. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur kecemasan yaitu Hamilton Rating Scale For Anxiety (HRSA). Uji statistik bivariat dengan menggunakan T test Independent.
Hasil: Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan yang signifikan antara mahasiswa tingkat I dan II dalam menghadapi pembelajaran klinik (p value 0,000).
Kesimpulan: tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi pembelajaran klinik terdapat perbedaan.
Kata kunci: kecemasan, mahasiswa, pembelajaran klinik
Copyright (c) 2020 JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right dipegang oleh pengelola jurnal