A THE FUNCTION OF EATING BLACK GHOST KNIFEFISH (Apteronotus albifrons) WHILE LARVAE OF MOSQUITOES Aedes aegypti

  • Hebert Adrianto Adrianto Universitas Ciputra
  • Bimo Rafi Prayogo
Keywords: Larva, Aedes aegypti, ikan A. Albifrons, Kemampuan makan, DBD

Abstract

Latar Belakang: Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi penyakit tropis yang endemis di Indonesia sepanjang tahun. Beberapa agen biologis yang terbukti mampu mengendalikan populasi larva vektor DBD adalah kelompok mikroorganisme dan predator alami seperti ikan pemakan larva. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola makan ikan setan hitam (Apteronotus albifrons) dalam memakan larva nyamuk Aedes aegypti.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratorium dengan desain one-shot case study. Pengujian dilakukan dengan cara 25 ekor larva nyamuk Ae. aegypti instar III dimasukkan ke dalam akuarium kaca berisi 1 ekor ikan A. albifrons yang dipuasakan satu hari sebelum perlakuan. Replikasi dilakukan sebanyak 4 kali. Pengamatan dilakukan setiap 20 menit sampai semua 25 larva habis dimakan oleh ikan A. albifrons. Data waktu ikan mulai memakan dan waktu larva habis dimakan dicatat dalam penelitian ini.

Hasil: Rata-rata waktu ikan setan hitam (A. albifrons) memulai memakan larva adalah 10,5 menit. Ikan A. albifrons dapat memakan habis 25 ekor larva nyamuk Ae. aegypti dengan rata-rata waktu 3 jam 30 menit.

Kesimpulan: Ikan setan hitam (A. albifrons) memiliki potensi sebagai agen biologis alami vektor DBD.

Published
2020-12-31
How to Cite
1.
Adrianto H, Prayogo B. A THE FUNCTION OF EATING BLACK GHOST KNIFEFISH (Apteronotus albifrons) WHILE LARVAE OF MOSQUITOES Aedes aegypti. JPP [Internet]. 31Dec.2020 [cited 9Mar.2021];15(2):94-8. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/558