PENYULUHAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAKANAN BERGIZI SEIMBANG PADA MURID SEKOLAH DASAR
Abstract
Permasalahan makan pada anak diantaranya sulit makan atau tidak mau makan bahkan makan makanan sembarangan.Kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya makanan bergizi seimbang bagi anak adalah salah satu faktor penyebab timbulnya kejadian kekurangan gizi pada anak.Dengan itu diperlukan adanya upaya memberikan pembelajarandalam meningkatkan kesadaran dan perilaku melalui media promosi kesehatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan media video animasi terhadap perilaku konsumsi makanan bergizi seimbang pada murid di SDN 5 7 dan SDN 53 Palembang.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan Pre Test-Post Test denganmenggunakan kelompok control.Sampel berjumlah 82 orang. Analisis data univariat dan bivariat, dengan uji statistik Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test pada tingkat kepercayaan 9 5%.Dari uji statistik Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan murid mengenai konsumsi makanan bergizi seimbang antara kelompok perlakuan dan kelompok pembanding dengan nilai p= 0.000, p=0.001 dan p=0.002. Kesimpulan penyuluhan media video animasi berpengaruh dalam meningkatkan perilaku konsumsi makanan bergizi seimbang murid SDN 5 7 dan 5 3 Palembang
Copy Right dipegang oleh pengelola jurnal