PENGARUH SENAM PROLANIS DALAM MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI

  • Maksuk - Maksuk Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Yusnelli - Yusnelli Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Sherli - Shobur Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: hipertensi, senam prolanis, lansia

Abstract

Latar Belakang:Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang saat ini semakin meningkat terutama pada kelompok lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan senam prolanis dalam menurunkan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan desain pre experiment design One Group Pre test-post test.  Penelitian dilakukan di Puskesmas Pegayut Kabupaten Ogan Ilir bulan Agustus – November 2020. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan tekanan darah diukur menggunakan tensi meter yang dilakukan sebelum dan setelah senam prolanis. Sampel sebanyak 31 responden dan merupakan total populasi. Analsis data uji menggunakan statistik pair t test.

Hasil:hasil analisis univariat menunjukkan bahwa klasifikasi lansia hipertensi tingkat 1 sebanyak 74,2%  dan hipertensi tingkat 2 sebanyak25,8%, sedangkan uji statistik menggunakan pair t test (nilai p = 0,0005) menunjukkan bahwa ada perbedaan tekanan darah sebelum dan setelah implementasi senam prolanis yang dilakukan lansia saat mengikuti Posyandu Lansia di Puskesmas Pegayut.

Kesimpulan: Senam prolanis merupakan latihan fisik yang dapat dilakukan lansia untuk membantu menurunkan tekanan darah jika dilakukan secara rutin dan benar.

Kata kunci : Senam Prolanis, Lansia, Hipertensi

Published
2020-12-31
How to Cite
1.
Maksuk M, Yusnelli Y, Shobur S. PENGARUH SENAM PROLANIS DALAM MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI. JPP [Internet]. 31Dec.2020 [cited 4Mar.2021];15(2):99-05. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/616