PEMBERIAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) TERHADAP MILIARIA PADA BAYI

  • Happy Marthalena Simanungkalit Poltekkes Palangkaraya
  • Yuniarti .
  • Gebriella .
Keywords: Virgin Coconut Oil (VCO),, Miliaria, Babies

Abstract

Latar Belakang:Miliariasis atau miliaria adalah kelainan kulit yang timbul akibat dari keringat yang berlebihan disertai sumbatan saluran kelenjar keringat, yaitu di dahi, leher, bagian-bagian badan yang  tertutup pakaian (dada dan punggung), serta tempat yang sering mengalami tekanan atau gesekan pakaian.Salah satu bahanolahan alami yang bisa dipertimbangkan sebagai terapi topikal alternatif untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit bayi seperti miliaria bayi adalah dengan memberikan Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murnidengan keunggulanmempunyai kandungan anti mikroba dan anti bakteri, tidak menimbulkan alergi. Penelitian ini bertujuan agar diketahuinya perbedaan sebelum dan setelah pemberian Virgin Coconut Oil (VCO) terhadap miliaria pada bayi.

Metode:Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan jenis penelitian yang digunakan yaituPre Experiment dengan menggunakan One Group Pre and Post Test Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bayi dengan miliaria di wilayah kerja Puskesmas Jekan Raya Kota Palangkaraya. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Untuk menganalisis pengaruh pemberian Virgin Coconut Oil (VCO) terhadap miliaria pada bayi di wilayahkerjaPuskesmasJekan Raya Kota Palangka Raya dengan menggunakan Uji Mc Nemar.

Hasil:Hasil dari penelitian ini adalah perbedaansebelumdansetelah pemberian Virgin Coconut Oil (VCO) terhadap miliaria pada bayi.

Kesimpulan:Miliaria pada bayi dapat disembuhkan dengan menggunakan Virgin Coconut Oil.

 

Published
2021-12-30
How to Cite
1.
Simanungkalit H, . Y, . G. PEMBERIAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) TERHADAP MILIARIA PADA BAYI. JPP [Internet]. 30Dec.2021 [cited 27Jan.2023];16(2 Desember):57-1. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/695