Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Lingkungan Sehat di Sekolah Menengah Pertama

  • Novita Elisabeth Daeli Universitas Katolik Musi Charitas

Abstract

Pengetahuan merupakan hasil dari tahu dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Remaja adalah masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosial-emosional. Lingkungan remaja erat kaitannya dengan lingungan sekolah. Pengetahuan tentang lingkungan yang sehat dapat bertambah dengan adanya pendidikan kesehatan terutama dari warga maupun kader kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan remaja tentang lingkungan sehat di sekolah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden dengan teknik pengambilan total sampling. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan analisis cross sectional. Alat ukur penelitian menggunakan kuesioner tentang pengetahuan remaja. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2014. Hasil penelitian pada analisis bivariat menggunakan uji wilcoxon signed rank test dengan derajat kemaknaan α (0.05). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi terhadap pengetahuan remaja tentang lingkungan yang sehat dengan nilai p<0,0001. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar lebih meningkatkan pengetahuan remaja kea rah yang lebih baik lagi seharusnya dilakukan penyuluhan kesehatan ke sekolah-sekolah olah kader kesehatan maupun perawat komunitas secara rutin serta mengajak masyarakat untuk selalu peduli terhadap setiap perkembangan yang dialami oleh remaja.

Published
2018-12-19
How to Cite
1.
Daeli N. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Lingkungan Sehat di Sekolah Menengah Pertama. JPP [Internet]. 19Dec.2018 [cited 22Dec.2024];13(1):49-3. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/78