PERBEDAAN KADAR LEUKOSIT PENGOLAHAN KOMPONEN DARAH PRC KONVENSIONAL DENGAN PRC LEUCODEPLETED DI UTD PMI KOTA SURABAYA

  • Thania Erviandita Permata P. Program Studi D-III Teknologi Bank Darah, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Sasi Widuri Program Studi D-III Teknologi Bank Darah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Renata Primasari Program Studi D-III Teknologi Bank Darah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Keywords: Leukosit, PRC Leukodepleted

Abstract

Latar belakang: Transfusi darah saat ini memegang peran medis yang penting, baik dalam terapi ke gawat daruratan (life savings) maupun pada penyakit khusus yang memerlukan terapi transfusi secara terus-menerus, sebagai contoh, packed red cells (PRC) komponen darah yang paling  tinggi di minta pada unit pelayanan darah saat ini merupakan terapi utama bagi penyakit keganasan hematologis, thalasemia, serta anemia aplastik, dan salah satu komponen sel darah yang paling sering digunakan untuk transfusi adalah packed red cell. Untuk mengetahui perbedaan kadar leukosit pengolahan komponen darah PRC biasa konvensional dengan PRC Leucodepleted di UTD PMI Kota Surabaya.

Metode Penelitian: Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian analitik, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variable dalam ruang lingkup    laboratorium. Metode yang digunakan adalah studi perbandingan.

Hasil: Kualitas produk komponen darah PRC Konvensional kadar leukosit yang kurang baik sebanyak 9 kantong darah (30%) dan produk yang baik sebanyak 21 kantong darah (70%) dan kualitas produk komponen darah PRC Leukodepleted kadar leukosit kualitas yang baik terdapat 30 kantong darah (100%)

Kesimpulan: Ada perbedaan kadar leukosit pengolahan komponen darah PRC Konvensional dengan PRC Leucodepleted di UTD PMI Kota Surabaya tahun 2020.

Kata Kunci: Leukosit, PRC Leukodepleted

Published
2021-12-31
How to Cite
1.
Permata P. T, Widuri S, Primasari R. PERBEDAAN KADAR LEUKOSIT PENGOLAHAN KOMPONEN DARAH PRC KONVENSIONAL DENGAN PRC LEUCODEPLETED DI UTD PMI KOTA SURABAYA. JPP [Internet]. 31Dec.2021 [cited 27Jul.2024];16(2 Desember):92-7. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/913