UPAYA PREVENTIF MAHASISWA POLTEKKES PALEMBANG TERHADAP COVID-19

  • Sarmalina Simamora Poltekkes Palembang
  • Ridho Putrama Meijandi Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: Covid-19, kebiasaan, mahasiswa, upaya

Abstract

Latar Belakang: di awal tahun 2019 di Wuhan ditemukan adanya virus yang disebut virus corona. Virus ini menyebabkan corona virus desease (Covid-19). Berbagai upaya dianjurkan untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Upaya tersebut antara lain mengkonsumsi vitamin c, berolahraga dirumah, berjemur, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Anjuran ini tidak hanya berlaku untuk lansia atau orang yang memiliki penyakit co-morbid. Mahasiswa juga harus melaksanakan anjuran itu.  Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan upaya preventif mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palembang terhadap covid-19.

Metode: jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan rancangan deskriptif. Penentuan responden dilakukan secara Data penelitian ini menggunakan data primer dengan pengisian kuesioner oleh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palembang menggunakan media google form. Jumlah responden adalah 1431 orang

Hasil : mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palembang sudah menunjukkan berbagai upaya dengan melakukan kebiasaan yang baik untuk menghindari penularan virus corona.

Kesimpulan : Menjaga jarak dan berolah raga adalah dua kebiasaan terbanyak yang dilakukan oleh mahasiswa Mereka memahami bahwa memakai masker dan mencuci tangan merupakan cara untuk mencegah penularan virus corona, namun belum semua melakukan kebiasaan tersebut. Disamping itu mahasiswa juga memahami bahwa berolah raga, berjemur dan mengkonsumsi vitamin c juga dapat mencegah penularan virus corona, meski masih ada sebagian kecil mahasiswa yang belum memahaminya.

Published
2021-12-31
How to Cite
1.
Simamora S, Meijandi R. UPAYA PREVENTIF MAHASISWA POLTEKKES PALEMBANG TERHADAP COVID-19. JPP [Internet]. 31Dec.2021 [cited 27Jan.2023];16(2 Desember):86-1. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/970