HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT ANTIDIABETES PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS KOTA BATAM

  • Lita Riastienanda Putri Program Studi Sarjana Farmasi, Universitas Batam
  • Fifin Oktaviani Program Studi Sarjana Farmasi, Universitas Batam
Keywords: Diabetes melitus tipe 2,  kepatuhan, MMAS 8-item

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang : Tingkat kepatuhan pasien diabetes diketahui sebagai penentu utama keberhasilan terapi. Ketidakpatuhan yang akan berakibat dengan tidak terkontrolnya glukosa darah dapat menyebabkan terjadinya komplikasi. Secara umum, tingkat kepatuhan pasien terhadap obat antidiabetik berkisar antara 36% hingga 93%.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien diabetes mellitus tipe 2 dengan tingkat kepatuhan penggunaan obat antidiabetes pada pasien DM tipe 2 di Puskesmas Kota Batam.

Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan observasional dengan pendekatan cross-sectional. Responden adalah pasien diabetes mellitus tipe 2. Jumlah sampel sebanyak 250 pasien diperoleh dengan menggunakan metode convenience sampel dalam jangka waktu 3 bulan. Kuesioner yang digunakan yaitu MMAS 8item versi Indonesia untuk menilai kepatuhan pasien diabetes mellitus tipe 2.

Hasil : Hasil analisis dengan Chi square antara usia,  jenis kelamin, tingkat pendidikan,status pekerjaan, durasi minum obat, jenis penyakit penyerta dengan tingkat kepatuhan pengobatan tidak menunjukkan adanya hubungan yang signifikan, sedangkan Hasil analisis Chi square antara status kadar glukosa darah dengan tingkat kepatuhan menunjukkan hubungan yang signifikan.

Kesimpulan : Pasien yang patuh dalam minum obat memiliki kadar glukosa darah terkontrol dan pasien yang tidak patuh memiliki kadar glukosa darah yang tidak terkontrol.

Kata Kunci : Diabetes melitus tipe 2,  kepatuhan, MMAS 8-item

Published
2022-06-22
How to Cite
1.
Putri L, Oktaviani F. HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT ANTIDIABETES PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS KOTA BATAM. JPharm [Internet]. 22Jun.2022 [cited 2Oct.2022];4(1):74 -80. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/Jkpharm/article/view/1269