Formulasi Dan Evaluasi Uji Mutu Fisik Body Scrub dari Ekstrak Bunga Kecombrang (Etlingera elatior)

  • Wulan Hidayati Akademi Farmasi Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo
Keywords: Body scrub, bunga kecombrang (Etlingera elatior), uji mutu fisik

Abstract

Latar Belakang: Kecombrang merupakan salah satu keluarga Zingiberaceae. Bunga kecombrang bahwa adanya kandungan senyawa fitokimia alkaloid, saponin, tanin, fenolik, flavonoid, triterpenoid, steroid, dan glikosida yang berperan aktif sebagai antibakteri dan antioksidan. Tujuan penelitian ini adalah menformulasikan ekstrak bunga kecombrang (Etlingera elatior) menjadi sediaan body scrub dan mengevaluasi mutu fisik dari sediaan body scrub. 

Metode: Ekstrak bunga kecombrang di dapat dengan cara metode maserasi. Timbang simplisia bunga kecombrang sebanyak 250 gram, di maserasi menggunakan etanol 70%. Formulasi sediaan body scrub dibuat dengan konsentrasi ekstrak bunga kecombrang (Etlingera elatior) 0 % (F0), 0,5% (F1), 1% (F2), 1,5% (F3) dengan basis body scrub yang seragam. Evaluasi sediaan body scrub meliputi uji homogenitas, uji organoleptis, Ph, daya sebar, daya lekat, dan stabilitas.  

Hasil: Hasil uji dari keempat formulasi sediaan body scrub menunjukkan bahwa keempat 

formula homogen, tidak terjadi perubahan organoleptis, rentang rata-rata pH body scrub 7,76 – 7,83 yang memenuhi syarat pH menurut SNI 16-4399-1996 yaitu 4,5 – 8,0, rentang rata-rata uji daya sebar sediaan  5,26–5,58 cm, rentang rata-rata uji daya lekat 12,59-29,50 detik serta Body scrub ekstrak temu putih stabil dalam penyimpanan suhu (25-30°C) selama 4 minggu.

Kesimpulan: Hasil uji mutu fisik selama 4 minggu tidak mengalami perubahan bau, bentuk, dan warna. Semua sediaan tidak terjadi perubahan homogenitas dan tidak terdapat pertumbuhan jamur. Memenuhi rentan pH antara 4,5-8 pH kulit. Memenuhi rentan daya sebar berkisar 5-7 cm pada F0,F1, dan F2 sedangkan F3 rata-rata daya sebarnya lebih dari 5 cm . memenuhi daya lekat yaitu lebih dari 4 detik. Semua formulasi memiliki hasil yang baik dan stabil..

Kata kunci : Body scrub, bunga kecombrang (Etlingera elatior), uji mutu fisik

Published
2023-06-17
How to Cite
1.
Hidayati W. Formulasi Dan Evaluasi Uji Mutu Fisik Body Scrub dari Ekstrak Bunga Kecombrang (Etlingera elatior). JKPharm [Internet]. 17Jun.2023 [cited 27Feb.2024];5(1):40 -55. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/Jkpharm/article/view/1654
Section
Articles