Studi Literatur Analisis Penanganan Premenstrual Syndrome (PMS) Pada Remaja Putri
Abstract
Pendahuluan : Premenstrual Syndrome (PMS) merupakan suatu kumpulan keluhan dan gejala fisik, emosional, dan perilaku yang terjadi pada wanita usia reproduksi, yang muncul secara siklik dalam tentang waktu 7-10 hari sebelum menstruasi dan menghilang setelah darah haid keluar yang terjadi pada suatu tingkatan yang mampu mempengaruhi gaya hidup dan pekerjaan dan aktivitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menggambarkan semua teori-teori maupun jurnal pendapat para ahli yang berkaitan dengan upaya penanganan Premenstrual Syndrome (PMS) pada remaja putri dan untuk menemukan ide-ide baru pada jurnal-jurnal penelitian yang dilakukan studi litelatur. Metode : Desain penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapat dengan melakukan studi literatur dari jurnal-jurnal yang sesuai dengan topik penelitian dari tahun 2015-2020 sebanyak 8 jurnal. Hasil : Berdasarkan hasil literatur review dari 8 jurnal yang berkaitan dengan upaya penanganan premenstrual syndrome, maka dapat disimpulkan bahwa sebagian jurnal (4 jurnal) menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan, lifestyle dengan upaya penanganan premenstrual syndrome (PMS) pada remaja putri. Sebagian jurnal lainnya 4 jurnal menunjukkan tidak ada hubungan penegetahuan, usia menarche terhadap upaya penanganan premenstrual syndrome pada remaja putri. Kesimpulan : Remaja putri yang mengalami premenstrual syndrome (PMS), remaja perlu meningkatkan pengetahuan dengan mencari informasi melalui media cetak ataupun media elektronik dan melakukan penanganan yang baik sehingga mampu mengurangi gejala-gejala premenstrual syndrome dan merasa lebih baik.
References
Aprilyandari. (2018). Sindrom Terhadap Penanganan Premenstruasi Sindrom Di Smp Negeri 3 Gamping.
Aulia. (2012). Kesehatan reproduksi wanita.
Husnida, S. (2004). Jurnal Medikes,Volume 3, edisi 1, April 2016 91. 3(April 2016), 91–98.
Khusniyati, E., Purwati, H., & Vivianni, R. (2015). Tentang Pengaruh Peer Educator Terhadap Tingkat Pengetahuan Penanganan Premenstrual Syndrome Pada Remaja Putri Kelas Vii Smp Negeri 2 Mojoanyar Mojokerto.
Larasati. (2018). PENGETAHUAN PENATALAKSANAAN PREMENSTRUAL SYNDROME ( PMS ) PADA REMAJA KELAS X DI PENGETAHUAN PENATALAKSANAAN PREMENSTRUAL SYNDROME ( PMS ).
Nia Desriva dan Melisa Syafrina. (2018). Hubungan Pengetahuan Terhadap Sikap Remaja Dalam Menanggulangi Premenstrual Syndrome Di Prodi DIII Kebidanan Stikes PMC Tahun 2017. Menara Ilmu, XII(8), 117–122.
Notoatmodjo, S. (2014). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Salemba Medika.
Purwasih, I., Mudayanti, S., & Susmini. (2017). Hubungan Pengetahuan Dengan Upaya Remaja Putri Dalam Menghadapi Pramenstrual Syndrome Di MAN Malang 1. Nursing News, 2(2), 349–357.
Puspitaningrum, E. M. (2018). Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Dengan Perilaku Mengatasi Gejala Premenstrual Syndrome (PMS) Di Man Model Kota Jambi. Menara Ilmu, XII(80), 27–32.
Ratnawati. (2018). Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gangguan Sistem Reproduksi. Pustaka Baru Press.
Suparman. (2011). Premenstrual Syndrome. EGC.
Wahyuningsih, M., & LIliana, A. (2018). Analisa Hubungan Antara Usia Menarche, Sikap Tentang Pre-Menstruasi Sindrom Terhadap Perilaku Dalam Mengatasi Pre-Menstruasi Sindrom Di SMPN 1 Mlati …. Jurnal Keperawatan Respati …, 5(2), 383–387. http://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/210
Widyah Setiyowati, E. a. (2020). Hubungan Pengetahuan Premenstrual Syndrome Dengan Upaya Mengatasi Prementrual Syndrome Pada Remaja Putri Di RW 1 Desa Klunjukan, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan. Jurnal Ilmiah Kebidanan Dan Kesehatan, 11(1).
Yanti, I. (2016). Perilaku Penanganan Premenstrual Syndrome pada Remaja Puteri. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, IX(2), 102–113.
Copyright (c) 2021 JKM : Jurnal Keperawatan Merdeka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work