Perkembangan Rumah Sakit di Indonesia di Era Disruptif

Keywords: perkembangan, rumah sakit, era disruptif

Abstract

Latar Belakang: Rumah sakit sejatinya bagian dari kebutuhan primer masyarakat yang selama ini menjadi prioritas utama oleh masyarakat. Perkembangan dunia yang sangat cepat menuntut rumah sakit harus beradaptasi dengan dengan perkembangan industry 4.0 saat ini. Metode: Penelitian ini ditulis dengan menggunakan analisis data sekunder yang didapat dari  Kementerian Kesehatan. Hasil: Jumlah rumah sakit di Indonesia, ditinjau dari kepemilikan baik milik pemerintah maupun swasta dari tahun 2015-2019 terus mengalami berbagai peningkatan termasuk dalam hal perbandingan tempat tidur terhadap jumlah penduduk di Indonesia. Kesimpulan: Perkembangan fasilitas atau sarana prasarana rumah sakit sangat penting di era modern sekarang ini. Peningkatan kualitas dan kuantitas rumah sakit tentu harus dibarengi dengan peningkatan tenaga kesehatan yang secara langsung berinteraksi dengan pasien maupun tenaga non kesehatan lainnya sehingga terjadi peningkatan kualitas layanan kesehatan yang diberikan.

References

Bastani, Peivand, Mohammadtaghi Mohammadpour, Jamshid Bahmaei, Ramin Ravangard, and Gholamhossein Mehralian. 2021. “Hospital Management by Health Services Management Graduates: The Change Paradigm in Iran.” Heliyon 7(11):e08414. doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e08414.

BKKBN. 2019. SDKI 2017 Kalsel.

Castro Rodríguez, Cristina, Isora González Roca, María Itziar Marsinyach Ros, Manuel Sánchez Luna, and María Isabel Pescador Chamorro. 2021. “Satisfaction Survey on Hospital Care after Birth and Follow-up at Discharge of the Healthy Newborn.” Anales de Pediatría (English Edition) 95(3):197–99. doi: 10.1016/j.anpede.2020.08.010.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI. 2020. Rencana Aksi Dirjen Yankes 2020-2024.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI. 2021. Pedoman Pelayanan RS Pada Masa Pandemi Covid 19.

Hasan, Sabri, and Aditya Halim Perdana Kusuma Putra. 2018. “Loyalitas Pasien Rumah Sakit Pemerintah : Ditinjau Dari Perspektif.” Jurnal Manajemen Indonesia 18(3):184–96.

Imran, Budiman, and Abdul Haeba Ramli. 2019. “Kepuasan Pasien, Citra Rumah Sakit Dan Kepercayaan Pasien Di Provinsi Sulawesi Barat.” Buku 2: Sosial Dan Humaniora ISSN (P) :1–7.

Istyanto, Noerma Pudji, and Muhammad Nasrulloh. 2019. “Disruptif Teknologi E-Government Terhadap Pelayanan Publik Tradisional Masyarakat Surabaya Di Era Industri 4.0.” INTEGER: Journal of Information Technology 4(2):1–11. doi: 10.31284/j.integer.2019.v4i2.687.

KARS. 2020. Bimbingan Akreditasi Dengan Standar Nasional Akreditasi RS.

Kemenkes RI. 2019. Profil Kesehatan Indonesia 2018.

Kemenkes RI. 2020. Profil Kesehatan Indonesia 2019.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Peraturan Menkes No 30 Tahun 2019.

Kependudukan, Badan, Keluarga Berencana, Nasional Jakarta, Indonesia Badan Pusat, Statistik Jakarta, and Indonesia Kementerian Kesehatan. 2018. Survei Demografi Dan Kesehatan Indonesia 2017 Provinsi DKI Jakarta.

Kim, Jinkyung, and Woosok Han. 2012. “Improving Service Quality in Long-Term Care Hospitals : National Evaluation on Long-Term Care Hospitals and Employees Perception of Quality Dimensions.” Osong Public Health and Research Perspectives 3(2):94–99. doi: 10.1016/j.phrp.2012.04.005.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit. 2017. SNARS 2018.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha. 2020. Penelitian Pelaku Usaha Dan Struktur Pasar Pada Sektor Jasa Rumah Sakit.

Kurnia, Siti, Widi Hastuti, Ahmad Ahid Mudayana, and Arum Puteri Nurdhila. 2017. “Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta.” Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat 11(2):161–68. doi: 10.12928/kesmas.v11i2.7260.

Lopes, João, João Braga, and Manuel Filipe Santos. 2021. “Adaptive Business Intelligence Platform and Its Contribution as a Support in the Evolution of Hospital 4.0.” Procedia Computer Science 184:905–10. doi: 10.1016/j.procs.2021.04.016.

Muliawaty, Lia. 2019. “Peluang Dan Tantangan Sumber Daya Manusia Di Era Disrupsi.” Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi 10(1):1. doi: 10.23969/kebijakan.v10i1.1416.

Mutiarasari, Diah, Indah Puspasari Kiay Demak, Elli Yane Bangkele, Rosmala Nur, and Tri Setyawati. 2021. “Patient Satisfaction: Public vs. Private Hospital in Central Sulawesi, Indonesia.” Gaceta Sanitaria 35:S186–90. doi: 10.1016/j.gaceta.2021.07.012.

Pacheco Barzallo, Diana, Stefanie Köhn, Stephan Tobler, Michel Délitroz, and Armin Gemperli. 2021. “Measuring Patient Satisfaction in Acute Care Hospitals: Nationwide Monitoring in Switzerland.” Zeitschrift Fur Evidenz, Fortbildung Und Qualitat Im Gesundheitswesen 165:27–34. doi: 10.1016/j.zefq.2021.07.001.

Pasinringi, Syahrir A., Fridawaty Rivai, Nur Arifah, and Siti Fatmala Rezeki. 2021. “The Relationship between Service Quality Perceptions and the Level of Hospital Accreditation.” Gaceta Sanitaria 35:S116–19. doi: 10.1016/j.gaceta.2021.10.009.

Reiling, John, Ronda G. Hughes, and Mike R. Murphy. 2008. The Impact of Facility Design on Patient Safety. Vol. 2.

Salawati, Liza. 2020. “Penerapan Keselamatan Pasien Rumah Sakit.” Jurnal Averrous 6(1).

Setyaningsih, Eka Dyah, and Lavita Vanda. 2018. “Analisis SWOT Financial Teknologi Pada Kualitas Layanan Perbankan Di Era Disruptif.” Seminar Nasional Inovasi Dan Tren (SNIT) 60–65.

Silalahi, Bambang Azis, Marlon Sihombing, and ) & Isnaini. 2021. “Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik Analisis Implementasi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. RM. Djoelham Binjai.” Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik 3(1):1–13. doi: 10.31289/strukturasi.v3i1.518.

Silow-Carroll, Sharon, Tanya Alteras, Jack A. Meyer Health, and Management Associates. 2007. Hospital Quality Improvement: Strategies and Lessons From U.S. Hospitals.

Sitio, Tianur, and Hapzi Ali. 2019. “Patient Satisfaction Model and Patient Loyalty: Analysis of Service Quality and Facility (Case Study at Rawamangun Special Surgery Hospital).” Scholars Bulletin 05(10):551–59. doi: 10.36348/sb.2019.v05i10.002.

Sulistio, Septo, and Imamul Aziz Albar. 2016. “Triase Modern Rumah Sakit Dan Aplikasinya Di Indonesia.” Medika.

Trisnantoro, Laksono. 2009. “Skenario Perkembangan-Rumah-Sakit Swasta Dan Hubungannya-Dengan Dokter Spesialis.” Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan 12(2):53.

Weissman, David, and Lynn Spragens. 2012. “Improving Hospital Primary Palliative Care Services (501).” Journal of Pain and Symptom Management 43(2):402. doi: 10.1016/j.jpainsymman.2011.12.146.

Widiasari, Widiasari, Hanny Handiyani, and Enie Novieastari. 2019. “Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien RS.” Jurnal Keperawatan Indonesia 22(1):43–52. doi: 10.7454/jki.v22i1.615.

Widya Astari, Dewanti, Afni Noviantani, and Rosdiana Simanjuntak. 2021. “Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Di Era Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Mata Cicendo.” Journal of Hospital Accreditation 03(1):34–38.

Yimer Tawiye, Nega, Zebene Mekonnen Assefa, and Adinew Gizeyatu Zengye. 2021. “Patient Satisfaction and Associated Factors among Adults Attending ART Clinic at Dessie Refferal Hospital, Amhara Region, Ethiopia.” International Journal of Africa Nursing Sciences 14:100297. doi: 10.1016/j.ijans.2021.100297.

Published
2022-05-31
How to Cite
Hammad, H., & Ramie, A. (2022). Perkembangan Rumah Sakit di Indonesia di Era Disruptif. JKM : Jurnal Keperawatan Merdeka, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.36086/jkm.v2i1.1146